Monday, 2 October 2017

[REVIEW] Kulit lembab bebas rasa lengket dengan Wardah Hydrating Aloe Vera Gel

Happy Monday!

Aku baru saja ngeh kalau kulit aku terasa kering sekali, terutama kulit di bagian tangan dan kaki. Duh, nggak cantik banget deh. Setelah dipikir-pikir, ada beberapa faktor penyebabnya. Pertama, aku memang kurang minum. Kadang botol minum sudah aku isi penuh tapi karena udah sibuk ngerjain ini-itu, akhirnya botol minum itu tidak tersentuh. Ditambah lagi sekarang aku menggunakan jasa ojek online kemana-mana, baik panas ataupun hujan. Saat naik motor, aku juga jarang pakai sarung tangan atau kaus kaki. Tidak hanya itu saja, sebagian besar aktivitas aku berada di bawah sorotan pendingin ruangan. 


Jujur aku rada parno dengan masalah kulit kering. Bukan tanpa alasan, kulit kering bisa juga menjadi salah satu tanda terjadinya penuaan dini. Apalagi usia aku yang memang sudah 30an, sebisa mungkin penuaan dini dicegah/diperlambat. Selain itu, aku punya kebiasaan buruk cenderung mengabaikan kulit badan. Dalam artian, produk yang berhubungan dengan badan seperti lotion, body scrub, dan body butter biasanya cuma semangat dipakai di awal saja. Lama-lama semangatnya kendor dan terlupakan. Biasanya baru aku pakai lagi setelah iseng cek kemasannya dan banyak yang udah mau expired atau setelah ada kejadian kulit kering seperti ini (ini jangan ditiru ya). 

Nah sekitar sebulan yang lalu aku tidak sengaja membaca review yang ditulis oleh salah satu teman beauty blogger tentang produk lokal yang cocok untuk masalah kulit kering, yaitu Wardah Hydrating Aloe Vera Gel. Produk ini sukses bikin aku penasaran karena katanya bisa dipakai untuk wajah juga. Pas lagi bongkar kotak penyimpanan makeup/skincare, eeeh ternyata aku punya produk yang dimaksud! Duh, jadi selama ini dia nangkring dengan manis di dalam kotak tanpa aku sadari #hoarder. 

Nama produk:

Wardah Hydrating Aloe Vera Gel

Berat produk:

100 ml

Harga: 

IDR 35,000-38,000

Beli di mana:

Toko kosmetik, konter Wardah, drugstores. Sociolla (use SBNLAZPQ when checkout at Sociolla to get IDR 50,000 off with minimum purchase IDR 250,000)

Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini dikemas dalam tube plastik transparan warna hijau toska yang segar. Bentuk tutupnya yang flip-top bikin produk ini gampang untuk dikeluarkan dan juga travel friendly, nggak perlu kuatir tumpah kalau dibawa di dalam tas (tutupnya kencang dan kuat). 


Produk ini diklaim sebagai gel multifungsi dengan kandungan utama lidah buaya yang bisa memberikan kelembaban ekstra sekaligus menenangkan dan mendinginkan kulit yang kering dan kulit yang terbakar sinar matahari. Formulanya yang berbentuk gel membuat produk ini mudah meresap ke dalam kulit dalam waktu singkat dan tanpa rasa lengket. Cocok banget nih dipakai setelah panas-panasan naik ojek dan di kantor yang full AC. Apalagi produk ini punya wangi yang segar. 


Kalau baca postingan teman-teman beauty blogger lainnya, Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini tidak hanya bisa dgunakan untuk badan saja tetapi juga di wajah. katanya nih, produk ini bisa digunakan sebagai sleeping mask. Alasannya? Di kemasan yang lama memang tertulis bisa digunakan di wajah. Beberapa orang juga menggunakan produk ini sebagai makeup primer dan katanya cocok dan bagus. Sayangnya di kemasan produk yang aku punya ini cara penggunaannya hanya dianjurkan padan kaki, tangan, dan badan. Tapi ya karena udah penasaran, tetap aja aku coba pakai di wajah sebagai sleeping mask #anakbandel.

Ketika dipakai sebagai sleeping mask, gel-nya tidak meresap secepat kalau dipakai di badan. Jadi masih terasa sedikit lengket ketika dipegang. Aku juga sempat kuatir soal wanginya yang meskipun segar, tapi kalau dipakai di wajah kok berasa too much ya? Alhamdulillah saat dipakai di wajah wanginya tidak se-menyengat yang aku kuatirkan. Beberapa teman yang mereview produk (blogger dan non-blogger) ini juga bilang kalau ada sensasi panas dan ‘gerah’ saat menggunakan produk gel ini di wajah. Thank God I didn’t experience those. Tapi ya itu sekali-kalinya aku coba pakai untuk di wajah.

Aku pun mencoba mencari tahu lebih lanjut tentang keamanan Wardah Hydrating Aloe Vera Gel untuk pemakaian di wajah lewat situs cosDNA.com. Situs ini memang terkenal sebagai detektif ingredients produk kecantikan. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal masukkan nama produk dan nanti akan muncul hasilnya yang berupa daftar komposisi bahan berikut nilainya. Ini dia hasilnya: 

Komposisi Wardah Hydrating Aloe Vera Gel.
Source: http://cosdna.com/eng/cosmetic_78a2289089.html

Secara keseluruhan komposisi bahan yang ada dalam produk ini aman karena nilai-nya rata-rata 1. Menurut FAQ dari CosDNA, Safety Index mereka nilainya 1-9. Semakin kecil angkanya menandakan bahwa bahan tersebut tidak berbahaya. Nilai safety yang tertera pada CosDNA ini bukan sembarang catut ya, ladies karena mereka menggunakan data dari CIRT, RTECS, FDA, dan sumber informasi lainnya. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah penggunaan produk yang mengandung bahan tersebut akan menimbulkan efek jangka panjang yang buruk atau tidak pada kulit, sel, dan tubuh. 

Selain safety, CosDNA juga memberikan informasi Acne (menyebabkan jerawat/komedogenik) dan Irritant (menyebabkan iritasi). Sayangnya dari hasil tersebut ada dua bahan yang ternyata komedogenik/bisa memicu jerawat, yaitu Butylene Glycol (1) dan Triethanol amine (2). Berbeda dengan nilai indeks Safety, nilai indeks Acne dan Irritant adalah 1-5. Semakin kecil nilainya semakin kecil kemungkinan menyebabkan iritasi atau memicu jerawat. Memang sih dua bahan yang terdeteksi bersifat komedogenik pada Wardah Hydrating Aloe Vera Gel memang tergolong kecil, tetapi tetap saja kemungkinan itu ada. Jadi buat kamu yang memiliki kulit acne-prone, berjerawat dan sensitif, sebaiknya hindari menggunakan produk ini pada wajah ya. 

Aku suka Wardah Hydrating Aloe Vera Gel karena:

Halal 
Bentuk kemasan yang travel friendly.
Formula gel yang ringan, cepat meresap, dan tidak lengket.
Membuat kulit terasa adem, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. 
Wangi yang segar. 

Aku kurang suka Wardah Hydrating Aloe Vera Gel karena:

Efek melembabkannya tidak terlalu bertahan lama (mungkin karena teksturnya gel). 

Overall Rating:
9/10


***

Kalau dibandingkan dengan lotion khusus kulit kering yang notabene komposisi-nya lebih thick, Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini menurut aku masih kurang nampol. Namun secara keseluruhan aku tetap suka dengan produk ini karena dengan bentuk gel, produk ini bisa digunakan kapan saja tanpa rasa lengket. Selain itu, formulanya yang cepat meresap dan efek menenangkan dan mendinginkan membuat produk ini cocok digunakan setelah berativitas di bawah sinar matahari. Jadi buat kamu yang berencana liburan ke pantai atau yang aktivitasnya sebagian besar outdoor, Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini bisa jadi salah satu pilihan agar kulit tetap lembab. 

Untuk pemakaian di wajah? Aku tidak merekomendasikannya, terutama untuk kamu yang punya kulit sensitif dan acne prone karena memang produk ini tidak dibuat untuk pemakaian di wajah. So, just use this product on your hands, legs, and body yaa. Kita doakan saja semoga Wardah akan mengeluarkan produk berbahan Aloe Vera khusus untuk wajah. 

Oya, Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini juga bisa kamu dapatkan di Sociolla lho. Kamu juga bisa mendapatkan diskon sebesar IDR 50K dengan menggunakan kode voucher aku SBNLAZPQ saat pembayaran (minimum belanja IDR 250K). 

 Sociolla

Semoga review ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua ya. 
Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

31 comments:

  1. Wow detil banget loh sampe ada indeksnya segala. New things to learn. Aku juga seneng banget pke aloe gel kalo hbis panas2an dan berenang. Coba simpen di kulkas deh. Sensasi ademnya jadi nyess banget.

    Bit.ly/lorealwpc

    ReplyDelete
  2. Waktu pergi liburan, Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini juga jadi andalanku. Buat jadi cooling gel gitu, habis panas-panasan. Kemasannya praktis dan mudah dibawa-bawa yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pakai Wardah Aloe Vera gel ini emang bikin adem kalau habis panas-panasan.

      Delete
  3. Bisa buat cowo gak sih kalau produk seperti ini? Hehehe

    ReplyDelete
  4. Setauku aku Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini utk mengatasi iritasi pada kulit yg kemerahan kan ya?
    Plus bisa ngobatin radang jerawat juga krn Aloe Veranya itu..
    Aku jg blm pernah dipakai buat sleeping mask..

    ReplyDelete
  5. Lho, temanku malah cocok dipakai dimuka buat masker mbak. Dan produk ini susah dicari euy. Di Malang beberapa counter wardah bilangnya kosong terus. Baru kemarin teman nemu di toko kecil pas ada.
    Temanku puas pakai ini, apdahal dia jarang2 perawatan wajah pakai ginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah nah itu dia, aku pun juga banyak baca review yang pada dipake di muka. Tapi aku pribadi ngeri pakai di muka karena emang di kemasannya tidak ditulis bisa untuk pemakaian di wajah.

      Delete
  6. Nice... akupun sukaak dgn produk2 Wardah
    .mau coba ini juga aahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  7. eeeeh dipakenya hanya pas lg panas doang yaaak? kalo di tempat dingin gak cocok berarti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa boleh aja kak, cuma kalau pas habis panas-panasan rasanya lebih maknyus gitu kak.

      Delete
  8. Kebayang enaknya kulit dipakein ini kalo abis panas-panasan di jalan seharian. Menggoda nih reviewnya. :D

    ReplyDelete
  9. Penting banget merawat kulit dan aku jg baru sadar setelah usia 30th hiks

    ReplyDelete
  10. Hai mbak Tia. Review nya lengkap amatttttt. Aku baru tau Ada situs.pengecek komposisi make up jug perawatan kulit. Aki kulit normal, cenderung kering nih. Belum pake apa2 lagi selain sabun cuci muka. Pake wardah kurang cocok. Makin kering euyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong mbak, aku pribadi juga nggak cocok pakai produk Wardah untuk perawatan kulit wajah (kalau kosmetik sama body care-nya masih cocok).

      Delete
  11. Iya tuh, kalau kulit lengket itu gmana gitu. besoknya saya biasanya sih lgsg jerawatan kalau "ngga diapa-apain" bahkan kalau sekedar cuci pake air.

    ReplyDelete
  12. Boleh neh nyobain Wardah yang satu ini

    ReplyDelete
  13. Berarti harus sering2 pake lg ya kalo efek lrmbabnya udah hilang. So far utk melembabkan aku msh pake lotion atau body creme, mau coba jg ah yg gel kayak gini

    ReplyDelete
  14. Produk ini sebenernya bagus banget sih, sayang nggak cocok di aku. Pernah make sekali dan muka rasanya panas kayak kebakar gitu huft kezel bgt padahal wanginya enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaaah, Kak Putri aku alhamdulillah nggak terasa kebakar gitu pas iseng pake di muka. Tapi cuma sekali itu aja aku pakai untuk di muka sih. Soalnya emang nggak berani. Takut kalau kenapa-kenapa nanti repot lagi ngebenerin mukanya. wkwkwk

      Delete
  15. Bener nih kulit kaki nih ya pada kering di tumit haha. tp kl pake gini emang mesti rajin ya, biar keliatan efeknya :D

    ReplyDelete
  16. Suka nih dengan kemasannya. Birunya cantik.

    ReplyDelete
  17. Cocok mba? lengket ga sih? pengen nyoba. supaya kulit wajah makin sehat dan lembap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeeh justru jangan dipake di muka mbak Ai! Ini buat badan aja yaaaak...

      Delete
  18. Penasaran jadi mau coba wardah series ini 😍😍 reviewnya bagus banget, makasih kaka

    ReplyDelete
  19. Aku sering tuh mba botol air di meja kantor tetap bertahan penuh sampai jam plg kantor.

    Jadi ini kaya body lotion ya mba? Kaki aku kering banget nih. Terutama bagian tumit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Wian, ini semacam body lotion tetapi ada beberapa orang yang pake juga untuk di muka. Aku sendiri tidak menyarankan untuk dipakai di muka sih karena ada komposisi yang bikin komedoan dan iritasi,

      Delete
  20. Aku pernah coba dan mnurut aku formulanya ringan enak banget

    ReplyDelete
  21. mbak Tya, terima kasih lho lewat artikel ini saya jadi tau kita bisa ngetes kandungan produk terutama untuk kulit yang kita pakai.

    Mungkin karena kandungannya bisa menimbulkan jerawat di wajah makanya ga dianjurkan untuk dipakai di wajah ya si Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini.

    ReplyDelete
  22. aku sekarang pake Wardah Hydrating Aloe Vera Gel tapi kok muka aku jadi kemerahan ya mbak, katanya sie sah-sah aja kalau mau di pake ke muka, eh aye cobain mala muka aye kemerahan. apa aye salah gunakan ya mbak.

    ReplyDelete
  23. kulit ku juga cenderung kering. jadi penasaran sama wardah ini

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.