Top Social

Ingin apartemen tampak lebih luas? Coba 5 trik mudah ini!

Wednesday, 3 January 2018
Tempat tinggal atau hunian adalah permasalahan yang umum dialami oleh masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan, terutama di kota yang padat penduduk seperti Jakarta. Akibat laju pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, lahan untuk perumahan menjadi terbatas. Salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan membeli atau membangun rumah berukuran kecil atau apartemen yang sesuai dengan anggaran belanja keluarga. Meskipun memiliki ruangan yang terbatas, rumah kecil dan apartemen bisa terlihat lebih luas apabila ditata dengan baik dan tepat. Kali ini Tya mau berbagi trik bagaimana memaksimalkan ruangan rumah dan apartemen agar tampak lebih luas. Lanjut bacanya ya!


Letakkan cermin

Tidak selamanya cermin harus diletakkan di kamar mandi atau kamar tidur, cermin juga bisa diletakkan secara strategis pada ruangan untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Selain itu, cermin juga bisa memantulkan cahaya sehingga ruangan terlihat cerah. Cobalah untuk meletakkan cermin di tengah ruangan untuk menciptakan titik fokus ruang. Cara lainnya, posisikan cermin berseberangan dengan jendela sehingga akan memantulkan pandangan dan memberikan ilusi adanya jendela lain di ruangan. Cermin juga bisa diintegrasikan dengan furnitur ruangan. 


Pilih cermin dengan model yang sesuai dengan tema keseluruhan ruangan. Cermin dengan bingkai klasik akan terlihat serasi dengan ruangan yang memiliki tema vintage atau shabby chic, sedangkan cermin dengan pola frame kotak atau minimalis akan cocok dengan furnitur yang bertema modern dan minimalis. Usahakan juga untuk memilih warna frame yang senada dengan warna cat dinding atau wallpaper agar tampilan keseluruhan ruangan tampak lebih dinamis. 

Gunakan warna netral 

Cara mudah untuk membuat ruangan tampak lebih luas adalah dengan menggunakan warna netral pada dinding, lantai, plafon, dan furnitur. Warna cerah seperti putih bisa membantu menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan sehingga ruangan tampak luas dan terang. Warna netral lainnya yang bisa dipilih diantaranya adalah off-white, abu-abu,  dan beige. Warna terang seperti hijau, kuning, atau merah marun juga bisa digunakan tetapi hanya sebatas untuk aksen saja, bukan untuk warna keseluruhan ruangan.  Aplikasikan warna cat dinding yang sama pada seluruh ruangan, terutama pada ruangan yang tidak memiliki sekat. Sebagai contoh antara ruang keluarga dengan ruang makan. Penggunaan warna cat dinding yang sama ini akan memberikan kesan lega pada ruangan.

Jendela berukuran besar

Adanya jendela yang berukuran besar tidak hanya membantu agar sirkulasi udara di rumah dan apartemen lancar, tetapi jendela juga bisa membantu agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan secara maksimal. Efeknya ruangan jadi terlihat lebih luas dan terang. Agar jendela tampak lebih indah, gunakan tirai yang sesuai dengan tema ruangan. Namun hindari penggunaan tirai yang memiliki terlalu banyak detail seperti pita atau kain rumbai-rumbai karena akan membuuat ruangan terasa penuh.


Manfaatkan furnitur multifungsi

Ruangan terasa sesak karena terlalu banyak furnitur? Cobalah untuk menggunakan furnitur multifungsi. Penggunaan furnitur multifungsi bisa membantu agar ruangan terlihat lebih lega karena bisa menghemat ruang. Tidak hanya itu saja, ruangan pun juga tampak lebih rapi. Misalnya tempat tidur dengan bagian bawah yang bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan, bangku yang bisa dibalik menjadi tangga, meja kerja dengan laci, dan masih banyak lagi perabotan multifungsi yang bisa ditemukan di pasaran dengan harga yang bervariasi. 


Hilangkan sekat antar ruang

Cara lain untuk membuat ruangan tampak luas adalah dengan menghilangkan sekat atau pintu pemisah antara satu ruangan dengan ruangan lainnya.  Sebagai penggantinya, gunakan karpet untuk memisahkan antar ruang. Pilihlah karpet dengan warna yang senada dengan warna cat dinding atau keseluruhan ruangan. Karpet dengan pola berukuran kecil dan berulang juga bisa dipilih untuk memberikan kesan ruangan terlihat lebih luas dan tidak sesak. Agar dinding dan koridor tidak terlihat ‘polos’, berikan dekorasi seperti bingkai foto keluarga, lukisan, atau wall art lainnya. 




***

Itu dia lima cara agar ruangan di rumah dan apartemen terlihat lebih luas dan lega sehingga membuat penghuninya nyaman dan betah. Tips ini juga sangat mudah untuk diterapkan lho seperti yang bisa dilihat di ruangan yang ada pada Apartemen Permata Hijau Suites. Dengan dua tower, Ebony dan Ivory dan tinggi total sebanyak 36 lantai, penghuni Permata Hijau Suites akan mendapatkan view kota Jakarta yang indah. Selain itu, dengan konsep Living in perferct harmony, setiap ruangan di unit Permata Hijau Suites ditata dengan baik  sehingga cocok untuk para entrepreneur dan keluarga yang membutuhkan mobilitas tinggi  namun tetap mendapatkan privasi dan kenyamanan hidup selaras dengan alam.


Permata Hijau Suites menyediakan tiga pilihan unit, yaitu 1 kamar tidur tipe A dan B (40.86m2), 2 kamar tidur (60.29 m2), dan 3 kamar tidur tipe A, B dan C (semigross 91.40 m2) sesuai kebutuhan penghuninya. Bagi mereka yang membutuhkan ruang lebih banyak dan luas, beberapa unit apartemen di Permata Hijau Suites juga bisa digabungkan menjadi satu. Harga yang ditawarkan juga bersaing, yaitu mulai dari IDR 1M untuk unit 1 kamar tidur (sudah termasuk PPN). Harga yang sangat reasonable mengingat fasilitas premium yang disediakan Permata Hijau Suites seperti Club Lounge, Fitness Center, Spa, Children daycare and playground, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang menjamin kenyamanan penghuninya. 

Tertarik memiliki apartemen eksklusif di Jakarta Selatan yang #NyataDekatnya ini? Kalian bisa langsung cek di website, Facebook, Twitter, dan Instagram Permata Hijau Suites untuk mengetahui informasi terkini dan juga promo menarik lainnya dari Permata Hijau Suites. 

Thanks for reading!

13 comments on "Ingin apartemen tampak lebih luas? Coba 5 trik mudah ini! "
  1. Trik ini bisa diaplikasikan untuk rumah juga ya kali ya

    ReplyDelete
  2. Aduh bagus banget interior dalemnya, nyaman banget kalau punya apartemen kayak gitu ya mbak

    ReplyDelete
  3. Penempatan kaca dan jangan naro sekat itu kunci supaya ruangan terlihat luas. Setuju sama kata - katanya Kak Tya!

    ReplyDelete
  4. waahh nice tips nih mba, tq infonya ya mba :)

    ReplyDelete
  5. Tyyyyyyyy kayaknya lama amat gw gak berkunjung dimari. Hahaha berkunjung sih, tapi nggak ninggalin jejak >.<

    Gw gak pernah tinggal di rumah semacam apartemen2 gitu sih. Tapi ya emang bener, apartemen itu kesannya sempit. Beda kayak rumah-rumah biasa.

    Satu lagi sih, gw kurang demen tinggal di apartemen karena pasti lokasinya tinggi-tinggi.. entah di lantai berapa. Gw sukanya yang langsung nginjek ke tanah gitu. Wkwk


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, tak apaaa. aku malah yang belakangan ini jarang main ke tempatmu. Hahaha, saat ini sih aku juga masih tinggal di rumah tapak yang mungil (baca: sempit). Tapi boleh lah berandai-andai kali ada yang mau kasih apartemen ya alhamdulillah. Hehehe

      Delete
  6. Aku suka banget ih sama artikel ini. Informatif dan bermanfaat banget. Tips disertai foto yang related banget dengan tips serta bagaimana kondisi sebenarnya di lapangan atau aktualnya. Keren!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak mbak Donna. Terima kasih juga sudah berkunjung yaaa

      Delete
  7. Aihhh tipsnya oke punya nih jadi pengen punya apartemen.

    ReplyDelete
  8. Love your post dear ♥
    If you want you can check out my blog.I write about fashion,beauty and lifestyle.Maybe we can follow each other and be great blogger friends !

    http://herecomesajla.blogspot.ba/?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for visiting, dear! You've got a lovely blog as well.

      Delete
  9. Kamarku juga kecil! Inginnya punya jendela besar tapi ga punya huhu :(

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature