Top Social

[LIFESTYLE] 5 Hal Positif yang Kamu Bisa Lakukan saat Terjebak Macet

Monday, 4 September 2017
Happy Monday!

Sering mendengar ucapan ‘I Hate Monday’? Ucapan ini muncul karena kita harus kembali beraktivitas di hari Senin setelah bersantai di akhir pekan. Selain itu, hari Senin pagi (dan juga hari kerja lainnya sih) selalu diwarnai dengan kemacetan yang bikin lelah hayati. Kemacetan, apabila dialami terus menerus oleh seorang individu, bisa menyebabkan emosi yang tidak stabil dan menimbulkan stres lho. Tidak sabar menunggu lampu hijau, saling menyerobot jalur, dan menggunakan jalur pedestrian adalah beberapa dari sekian banyak efek kemacetan.


Meskipun kita sudah berusaha berangkat lebih awal atau menggunakan transportasi umum, terkadang kemacetan tidak bisa dihindari. Daripada manyun dan bad mood, lebih baik kita menggunakan waktu di saat terjebak macet untuk melakukan hal-hal yang positif. Nah ini dia 5 hal positif yang bisa kamu lakukan saat terjebak macet.

1. Mendengarkan musik



Suntuk karena kendaraan tidak kunjung bergerak karena terjebak macet? Coba deh dengarkan musik. Pilih jenis musik yang easy listening seperti lagu jazz atau pop. Pilihan lainnya adalah musik klasik dengan tempo sedang. Dengan mendengarkan musik, produksi hormon kortisol yang menjadi pemicu stres menjadi berkurang sehingga tubuh dan pikiran pun jadi rileks. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mendengarkan musik terlalu keras yaa, terutama jika kamu menggunakan earphone atau headphone

2. Menonton video



Daripada bengong menatap kemacetan yang tak kunjung usai, lebih baik gunakan waktu kamu untuk menonton video yang ada di smartphone atau lewat YouTube. Kamu bisa pilih video yang lucu seperti aksi binatang atau stand up comedy yang bisa bikin kamu ketawa. Kamu juga bisa nonton video yang menarik dan bermanfaat seperti video tutorial makeup atau video belajar bahasa Inggris. Dijamin ketika kamu terlepas dari kemacetan, ilmu kamu akan bertambah dan mood jadi happy

3. Membaca



Hal positif lainnya yang bisa kamu lakukan saat macet adalah membaca. Kamu bisa membaca buku, e-book (electronic book), komik, majalah, atau koran. Tapi jangan sampai membaca nasib lewat garis tangan ya. Pilih bacaan yang kamu suka, misalnya novel romantis atau komik lucu. Buat kalian yang masih duduk di bangku sekolah atau mahasiswa, bisa juga membaca buku pelajaran atau textbook. Dengan begini, kamu bisa mengulang materi pelajaran dan jadi murid teladan. 

4. Menulis



Selama kemacetan, pastinya banyak kejadian dan drama yang terjadi ya. Dengan sedikit kreativitas, kejadian dan drama itu bisa kalian tulis dan menjadi karya lho. Tapi perlu diingat, menulis di sini bukan menulis di status media sosial ya. Justru di saat macet sebaiknya hindari menulis apapun di sosmed karena pengalaman nih, status yang ditulis di sosmed secara impulsif saat kena macet biasanya bernada negatif. Cobalah menulis di buku notes kecil atau di smartphone kalian. Biarkan tulisan mengalir tanpa perlu disunting dan baca kembali saat kalian sudah di rumah. Kalau tulisan/ide-nya bagus, kalian bisa kembangkan lagi menjadi cerpen, puisi, artikel baru di blog, novel, atau bahkan makalah. Kalau jelek? Ya hapus saja, yang penting kan kalian sudah bisa melepaskan unek-unek. 

5. Ngobrol 



Hal positif lain yang bisa kalian lakukan adalah ngobrol, baik secara langsung atau lewat telepon. Topik obrolannya nggak perlu yang serius seperti membahas politik negara, cukup yang ringan aja seperti trend lipstik terbaru, menu makan siang, atau tempat belanja yang murah meriah. Oya, kalau bisa obrolannya jangan ngegosipin orang lain ya. Selain itu, ngobrol lah dengan orang yang kamu kenal (kecuali kamu emang pede abis dan berani ajak orang asing ngobrol). Kalau tidak ada orang yang kamu kenal untuk diajak ngobrol, kamu bisa telepon orangtua, pasangan, anak, teman, atau pacar. 

*** 

Itu dia 5 hal positif yang bisa kamu lakukan saat terjebak macet. Gimana kalau kamu tidak bisa melakukan kelima hal tersebut? Bete? Nggak dong, kamu bisa tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan agar pikiran jadi tenang dan pikirkan hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan ketika kamu terlepas dari kemacetan. Nah bagaimana dengan kalian? Apa hal positif yang kalian lakukan saat terjebak macet? Yuk share di kolom komentar. 

Semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua yaa. 

Thanks for reading! 
49 comments on "[LIFESTYLE] 5 Hal Positif yang Kamu Bisa Lakukan saat Terjebak Macet"
  1. Aku seringnya kalau kena macet dengar musik, mba. Biar hati jadi tenang. Kalau nonton video kuatir paket internet cepet habis soalnya ga pernah download. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Lida, dengerin musik itu bisa bikin rileks dan lupa sama macetnya..

      Delete
  2. Aku ngobrol tapi kalau sebelahnya orang cakep ekh hahaha... paling sering ngelamun mikirin anak dirimah lg ngapain hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiyaaa modus ini... Sama kadang aku pun begitu mbak, mikirin yang di rumah lagi pada ngapain juga.

      Delete
  3. Kalau saya dengerin musik sambil karokean sama nonton video. Kalau baca, udah sedikit berkurang sih, karena sibuk nyanyi teriak-teriak, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan mbak? Karaokean? di angkutan umum atau pribadi mbak? Kalau di angkutan umum wah salut deh sama mbak Ipeh, pede abis! Hehehe

      Delete
  4. Kalaunlagi naik kendaraan umum biasanya aku tidur kak ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah, kalau bisa duduk enak yaa bisa tidur. Tapi kalau lagi berdiri gimana? Apa tidur juga?

      Delete
  5. mostly aku lakuin ke semua hal itu, tapi ada satu hal yang enggak patut dicontoh, aku suka tergoda kepoin dan stalking akun ocip di Instagram hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakakakak, gapapa mbak Ai yang kepoin nanti habis itu disharing ke kita-kita.

      Delete
  6. Lah yang paling menyedihkan kalau pas lagi nyetir motor dan sendirian kejebak macetnya mbak, kayaknya tdk bs lakukan kelimanya ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaa, kalau pas lagi mengendarai motor pasti susah ya mbak. Eh tapi suamiku biasanya kalau lagi macet gitu dia manfaatkan buat murojaah hafalannya.

      Delete
  7. Bener juga biar gak bosan dan beberapa aku pun melakukannya jika macet

    ReplyDelete
  8. Aku kbanyakan dijalanan pake mtor, kalo macet ya menikmati aja, sukaaa, palingan ngobrol sama biker lain hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga seringannya di motor sih, kalau pas lagi dibonceng palingan dengerin musik atau bikin draft tulisan.

      Delete
  9. Kalo aku sukanya dengerin musik kalao ada temen baru ngobrol. Kalau nulis atau nonton video suka pusing kepala mbak hehehe... maklum sudah tua wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kalau aku justru baca buku yang bikin pusing, tapi kalau nulis atau nonton masih nggak masalah.

      Delete
  10. Jangan lupa pastikan batre hape dalam keadaan cukup..., hehehe

    ReplyDelete
  11. kalo macet pas naik motor sih, aku suka nyengnyong gitu mbak, alias nyanyi, hahahaha... bodo amat deh kendaraan di sebelahnya denger. kalo macet pas naik mobil ya dengerin musik atau radio biar tau info apapun. kalo macet pas naik bis itu yang ga enak, bikin stres. biasanya aku suka ngobrol sama orang di sebelahku, asal orangnya welcome aja diajakin ngobrol hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah mbaknya pede nyanyi. Kalau aku nyanyi yang ada langsung diteriakin sama orang-orang.

      Delete
  12. Semua hari bagus ya kak, pun hari senin

    ReplyDelete
  13. Kayaknya kalo aku pilih no 4 aja deh biar deadline ga numpuk.. wakakaka...

    ReplyDelete
  14. Tambahin satu lagi mba, bobo. Hehehe. Positif juga tuuuu. Jd sampe rumah gak keburu tepar dan masih bisa beres2 rumah/dapur, sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul juga ya, tidur juga bisa cuma aku ngeri kalau tidur takut kebablasan.

      Delete
  15. Tambahin satu lagi mba, bobo. Hehehe... positif juga tuuuu. Jd sampe rumah masih biaa beberes rumah/dapur.

    ReplyDelete
  16. Kalau aku sih seringnya ngobrol kalau lagi kena macet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas perginya sendirian gimana kak?

      Delete
  17. Kalau aku terjebak macet dan pas lagi di angkot, hal yang paling kusukai adalah ... tidur! :D

    ReplyDelete
  18. kalo macet paling suka denger musik... hati jadi terhibur.. tapi kudu pinter milih musik sih... jangan musik meta.. ntar malah pengen ngamuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak, pilih lagu yang bikin hati adem. Kalau lagunya lagu metal kayanya nanti malah tambah esmosi deh... hehehe

      Delete
  19. Replies
    1. ini yang biasanya dilakukan suami aku kak...

      Delete
  20. no, i idon't hate monday... Dulu saya benci juga hari senin, tapi sekarang tidak lagi. Nilai positif-negatif tidak terukur dari hari senin saja.. kalau hari senin sudah negatif bagaimana hari-hari lainnya? bakal jadi "everyday is Monday" hahaha... Baiknya sih everyday is be postive more... ^_^

    ReplyDelete
  21. Wah ini rata-rata aku lakukan dalam terjebak macet atau menunggu antrian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah samaan deh kita. Dari semuanya paling sering melakukan yang mana kak?

      Delete
  22. 6. Tidur
    Aku antara nulis atau tidur sih. Lumayan lah bisa ngedraft buat blog saat macet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau tidur takut nanti kebablasan kak... hehehe

      Delete
  23. Heuheuu Klo di naek angkutan umum Klo macet aku lebih suka tidurrrrrrrrr haha.

    ReplyDelete
  24. Kalau aku dengerin musik dan scroll-scroll Instagram Facebook :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya kalau scroll2 instagram lihat yang lucu-lucu gitu...

      Delete
  25. Macet ini nih yang bikin aku lebih milih naik commuter Line dari pada yang lain... Segimana pun aku coba ngatasin rasa bosan saat macet tetep ga bisa bikin aku nyaman euy

    ReplyDelete
  26. Biasanya kalau kelima itu sudah dilakuin dan masih juga macet biasanya aku tidur mbak hehehhe. tahu-tahu udah nyampai tempat tujuan

    ReplyDelete
  27. Hal yg paling sering aku lakukan kalo terjebak macet itu adalah nulis bank ide di hape. Nonton video youtube yg aku download di hape. Jadi misalnya 2 jam perjalanan juga gak masalah. Asal perjalanannya lancar, bukannya maik angkot ya :))
    Kalo naik angkot aku gak brani ngeluarin hape. Maksimal cuma baca buku aja kalo nunggu macet selesai ;))

    ReplyDelete
  28. Waah Mba Tya itu tipsnya aku banget, dan aku baca ini di tengah kemacetan Jakarta yang kian kejam, hiks. Mau tidur tapi ga dapet duduk, ya wis gelantungan di Busway sambil blogwalking

    ReplyDelete
  29. Kalau lagi di angkutan umum (kecuali kereta api), aku biasanya baca buku karena ngerasa ga nyaman dan aman. :)

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature