Top Social

Tips Belanja Online Hemat di Bulan Ramadan

Sunday, 13 May 2018
Bulan apa yang paling dinanti oleh umat muslim? Yup, jawabannya adalah bulan Ramadan. Bulan suci ini memang istimewa karena di bulan ini umat muslim menjalankan ibadah puasa dan amalan lainnya yang hanya ada di bulan tersebut saja seperti salat tarawih. Bagi aku dan keluarga, bulan Ramadan kali ini adalah Ramadan ekstra karena anak-anak (terutama si adik) sudah mulai berpuasa. Jadi aku harus menyiapkan menu berbuka dan sahur ekstra agar mereka tetap semangat. Jadwal mengajar dari sore hingga malam juga membuat aku harus menyiapkan ekstra energi agar performa mengajar aku tetap prima. 


Dengan segala kesibukan dan aktivitas selama bulan Ramadan, tentu saja aku tidak punya banyak waktu untuk berbelanja terutama untuk berbelanja kebutuhan perawatan dan kecantikan kulit. Padahal selama berpuasa, kulit juga butuh perawatan ekstra agar tetap sehat. Solusinya ya belanja online. Ngomongin soal belanja online, biasanya aku membeli beberapa produk perawatan dan kecantikan di Tokopedia. Nah agar tetap hemat dan tidak kalap saat berbelanja, Tya punya beberapa tips belanja online kebutuhan bulan Ramadan ekstra di Tokopedia: 

1. Tentukan produk apa yang ingin dibeli. 

Salah satu kunci kesuksesan belanja online hemat adalah tahu persis produk apa yang ingin kita beli. Pasti udah pernah dong niat belanja produk A tetapi ujung-ujungnya malah belanja produk B? Ini karena saat sedang browsing, perhatian kita teralihkan oleh produk lain yang mungkin lebih menarik. Efek lainnya adalah waktu jadi banyak yang terbuang karena sibuk browsing dan membandingkan produk. Jadi, pastikan kamu sudah tahu dan yakin dengan produk apa dan merek apa yang ingin kamu beli. Do a lot of researches. Dengan cara ini, kamu tidak hanya menghemat waktu tetapi juga menghemat pengeluaran.


2. Jangan lupa bandingkan harga. 

Oke, sekarang kamu sudah tahu mau beli produk apa. Let’s say kamu mau beli produk skincare merek A. Banyaknya toko online berkualitas di Tokopedia membuat kita harus jeli dalam memilih, termasuk dalam hal harga. Yang bikin aku senang belanja di e-commerce ini adalah adanya fitur pencarian yang mudah. Jadi cukup masukkan nama produk yang ingin kita beli lalu klik tombol ‘CARI’, langsung deh keluar ribuan produk dengan berbagai harga yang siap dipilih. Kalau kamu sudah punya budget tertentu, ada juga fitur harga minimal dan maksimal sehingga memudahkan kamu dalam memilih sesuai budget. 


3. Jangan ragu memilih produk berkualitas dari dalam negeri. 

Bagi sebagian orang, menggunakan barang branded dengan harga fantastis itu keren. Padahal tidak selamanya barang branded itu bagus dan cocok untuk kita, terutama untuk produk perawatan dan kecantikan. Banyak lho produk hasil karya anak bangsa yang kualitasnya bisa diadu dengan merek ternama dari luar negeri seperti Sariayu, Wardah, dan Mustika Ratu. Tokopedia sendiri sebagai e-commerce dengan produk terlengkap memiliki berbagai macam produk hasil kreasi lokal maupun brand terkenal dunia. Dengan memilih produk dalam negeri, kita bisa menghemat pengeluaran belanja di bulan Ramadan sekaligus mendukung produk Indonesia. 

4. Pilih toko online paling dekat. 

Harga sudah sesuai budget, tetapi kalau biaya ongkos kirim (ongkir) mahal ya sama aja. Agar belanja online lebih hemat, jangan lupa pilih toko yang berada di area yang sama dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir terlalu mahal. Di Tokopedia, kita bisa mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik. 


5. Cek kredibilitas toko online

Satu hal yang tidak pernah aku lewatkan ketika berbelanja online adalah mengecek kredibilitas toko online. Untuk mengetahui apakah apakah toko online tersebut bisa dipercaya (credible), kita bisa melihatnya lewat statistik toko. Di Tokopedia, statistik satu toko online bisa dilihat oleh pembeli sebagai pertimbangan seperti kualitas produk, kecepatan toko online dalam merespon pembeli, banyaknya transaksi yang berhasil, sampai kepuasan pembeli. Sebagai contoh, apabila persentase transaksi sukses berada di angka diatas 95%, berarti toko online tersebut adalah toko yang baik. Dengan begini, kita bisa terhindar dari kekecewaan saat berbelanja online. 

Statistik salah satu toko online di Tokopedia.

6. Pilih metode pembayaran yang tepat

Buat aku yang super sibuk, banyaknya pilihan metode pembayaran tentu sangan mempermudah aku dalam berbelanja online. Biasanya aku membayar dengan metode transfer bank. Tokopedia menyediakan berbagai metode pembayaran yang dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Mana yang lebih baik? Tentu saja semua tergantung pilihan dan disesuaikan dengan kondisi keuangan. Satu hal lagi yang aku suka adalah kecepatan Tokopedia dalam memverifikasi pembayaran sehingga penjual pun lebih cepat memproses produk yang kita beli. 


7. Gunakan jasa pengiriman paling efisien dan terpercaya

Ketika berbelanja online, hal yang paling dinanti adalah datangnya mas kurir yang mengantarkan paket belanjaan. Kebayang dong kalau paket belanjaan tidak kunjung datang. Rasanya resah, gundah gulana kuatir paket nyasar atau hilang di perjalanan. Bicara soal pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia punya beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Jadi kita bisa memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya aku membeli obat jerawat dan butuh cepat, aku bisa menggunakan jasa pengiriman sehari sampai atau menggunakan kurir instan. Adanya alternatif pilihan juga membuat kita bisa membandingkan biaya ongkos kirim terbaik dan terhemat.


8. Manfaatkan promo dan diskon 

Siapa pun pasti tahu saat yang paling tepat untuk berbelanja online hemat adalah saat ada promo atau diskon. Biasanya promo dan diskon ini banyak ditawarkan di momen-momen tertentu, salah satunya adalah di bulan Ramadan. Tokopedia sendiri memberikan banyak promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.


***

Itu dia beberapa tips dari aku agar belanja online tetap hemat selama bulan Ramadan ini. Biar bulan Ramadan kamu makin ekstra, Tokopedia punya rahasia kejutan di tanggal 25 Mei lho. Dengar-dengar nih, rahasia kejutan ini bakalan seperti ‘Black Friday’ yaitu festival belanja online yang terkenal di luar negeri dan selalu dinanti. Duh, jadi makin penasaran kan. Buat kamu yang mau belanja online, coba diumpetin dulu dompet, token mobile banking, dan kartu ATM-nya dan tunggu kejutan dari Tokopedia di tanggal 25 Mei agar belanja online lebih hemat dengan banyak promo menarik. 


Semoga tips belanja online hemat di bulan Ramadan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua ya. Jangan sungkan untuk berbagi tips lainnya seputar belanja online di kolom komentar di bawah ini ya. 

Thanks for reading!
3 comments on "Tips Belanja Online Hemat di Bulan Ramadan"
  1. tipsnya keren makk.. noted + remainder nih buat tanggal 25 nanti bisi kelewat. kwkwkw

    ReplyDelete
  2. Boleh juga nih tips. Makasih udah share Mbak

    x

    ReplyDelete
  3. Belanja online, enaknya bisa puas lihat berbagai barang tanpa ada spg yang mengawasi. Tetapi, memang harus bijak. Kalau enggak malah jadinya boros :D

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature