Top Social

Busy Bag Ramadan el-Hana Learning Kit untuk Ramadan ceria bersama anak

Friday, 11 May 2018
Tidak terasa bulan Ramadan tinggal menghitung hari dan aku sangat bersyukur masih diberi kesempatan untuk bisa merasakan bulan Ramadan di tahun ini bersama keluarga. Mas Deniz dan adik Zinan sangat antusias menyambut bulan suci ini. Apalagi adik Zinan sudah cukup besar dan sudah mengerti sedikit tentang bulan Ramadan. Berhubung sekolah mas Deniz dan adik Zinan diliburkan selama bulan puasa, otomatis kedua bocah ini akan berada di rumah seharian. Tentu saja aku harus memutar otak mempersiapkan aktivitas untuk mereka agar mereka tidak bosan.

Aku dan mas suami sudah mulai menyusun beberapa aktivitas yang bisa mereka lakukan. Sayangnya, bulan Ramadan ini tidak berpengaruh terhadap jadwal mengajar aku sehingga aku harus mencari aktivitas lainnya yang praktis dan bisa aku lakukan bersama anak-anak tanpa mengubah jadwal mengajar. Lagi pusing cari ide aktivitas, eh ada teman blogger yang menyarankan Busy Bag Ramadan dari El Hana Learning Kit. Wah, menarik juga nih.


Setelah aku cek website el-Hana, ternyata Busy Bag Ramadan ini penuh dengan aktivitas yang bisa dilakukan mas Deniz dan adik Zinan selama bulan Ramadan nanti. Busy Bag Ramadan ini juga cara yang tepat untuk mengenalkan bulan Ramadan ke adik Zinan dan mengajarkan betapa istimewanya bulan Ramadan bagi umat muslim. 


El-Hana Busy Bag Ramadan ini dikemas dalam kotak kardus dengan desain yang eye-catching sehingga anak-anak langsung tertarik. Ketika menerima paket Busy Bag Ramadan ini, anak-anak sudah merengek setiap hari untuk dibuka karena mereka penasaran apa isi di dalam kotak (padahal kan ibunya mau foto-foto dulu). Setelah dibuka, ternyata semua aktivitas di dalamnya dikemas lagi dalam kantung kanvas dengan tulisan yang mengajak anak-anak untuk bertanggung jawab membereskan mainannya kalau sudah selesai.


Apa saja sih yang ada di dalam El-Hana Busy Bag Ramadan? Ini dia isinya:
  • Menentukan hilal Ramadhan
  • Puzzle chart puasa
  • Poster Aktivitas Ramadan
  • Kartu Tentukan batal atau tidak
  • Kartu Amalan-amalan Ramadhan
  • Idul Fitri craft
  • Bunting flag Ramadhan


1. Menentukan hilal Ramadhan

Mas Deniz dan adik Zinan paling senang memperhatikan bulan dan perubahan bentuknya. Jadi ketika melihat ada aktivitas hilal Ramadan ini mereka langsung happy. Dengan bentuk spinner, anak-anak bisa melihat fase-fase bulan dan bagaimana menentukan hilal secara sederhana.


2. Puzzle Chart Puasa

Aktivitas yang satu ini terdiri dari satu lembar poster dengan tulisan Ramadan Chart dan 30 kotak bertuliskan ‘Alhamdulillah aku puasa’ dan 30 keping sticker puzzle. Ketika anak-anak berhasil berpuasa, mereka bisa menempelkan satu sticker puzzle sesuai dengan tanggalnya. Jadi kalau mereka berhasil berpuasa sebulan penuh, seluruh kepingan sticker akan membentuk sebuah gambar secara sempurna di hari ketiga puluh. Kira-kira gambarnya apa ya? Nanti ya kalau sudah selesai akan aku update lagi di blog ini. Aktivitas ini insya Allah akan memotivasi mas Deniz dan adik Zinan untuk menyelesaikan puasanya.


3. Poster Aktivitas Ramadan

Mas Deniz sudah tidak asing dengan poster aktivitas karena sejak dia masuk SD aku membuatkan poster berisikan aktivitas yang harus diselesaikan mas Deniz setiap harinya. Tentu saja ketika melihat poster aktivitas Ramadan ini dia jadi tambah bersemangat karena penuh dengan gambar menarik. Poster ini mengajak anak-anak untuk disiplin menjalankan amalan-amalan wajib seperti salat 5 waktu dan membaca Al-quran. Selain itu anak-anak juga diajak untuk melakukan amalan selama bulan Ramadan seperti salat Tarawih dan mengikuti kajian.


4. Kartu Tentukan Batal atau Tidak

Permainan kartu ini mengajak anak-anak untuk belajar membedakan apa saja yang membatalkan puasa dan yang tidak. Bagi mas Deniz dan adik Zinan yang sedang belajar berpuasa, kartu ini sangat menarik dan membuat mereka tidak bosan. Permainan ini juga menjadi salah satu cara bagi orangtua memberikan penjelasan lebih detil, seperti mengapa haid dan nifas membatalkan puasa dan mengapa menelan ludah tidak membatalkan puasa.


5. Kartu Amalan Ramadan

Permainan kartu yang satu ini sudah tidak asing bagi mas Deniz dan adik Zinan. Cara bermainnya pun mudah, kartu yang sudah dikocok disusun dan diletakkan dengan gambar di bawah. Selanjutnya anak-anak harus mencari pasangan kartu dengan cara membuka dua kartu secara bersamaan. Apabila kartu tersebut memiliki gambar yang berbeda, kartu harus ditutup kembali. Ketika anak-anak menemukan dua kartu yang berpasangan, kartu tersebut bisa diambil. Permainan ini tidak hanya melatih ketangkasan motorik halus (kordinasi mata dan tangan), tetapi juga melatih daya ingat anak. Bagi mas Deniz, permainan ini cukup mudah karena mas Deniz sudah hampir 8 tahun jadi aku membuat tantangan lebih dengan memberikan batas waktu. Sedangkan bagi adik Zinan, aku membiarkan dia membuka-buka setiap kartu tanpa menutup kartunya kalau tidak berpasangan. Aku juga mengajak anak-anak untuk menceritakan apa yang mereka ketahui tentang gambar kartu tersebut.


6. Idul Fitri Craft

Dari sejak membuka kotak Busy Bag Ramadan ini, anak-anak sudah tidak sabar ingin membuat kartu ucapan Idul Fitri ini. Kata mas Deniz, “Yuk kita bikin buat nana sama papa,” (nana: grandma, nenek; papa: grandpa, kakek, red.). Cuma untuk aktivitas yang satu ini aku tahan karena menunggu nanti menjelang Idul Fitri. Kegiatan prakarya ini mengajak anak-anak untuk membuat kartu ucapan Idul Fitri dengan model pop-up yang nantinya bisa diberikan kepada orang-orang yang mereka kasihi.


7. Bunting Flag Ramadan

Sebagai umat muslim, Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu karena banyaknya amalan yang bisa menjadi ladang pahala. Bunting Flag Ramadan ini adalah cara menarik untuk anak-anak menyambut bulan suci. Anak-anak diajak untuk membuat hiasan dengan menyusun huruf-huruf menjadi tulisan ‘Welcome Ramadan’. Saat membuat ini aku dibantu adik Zinan sembari mengenalkan huruf dan warna. Adik Zinan semangat sekali dan sangat bangga saat bunting flag ini dipasang di dinding rumah. Suasana rumah pun jadi lebih ceria.



***

el-Hana Learning Kit sebagai produsen mainan edukatif anak memang serius menggarap Busy Bag Ramadan ini. Semua aktivitasnya dibuat menggunakan bahan yang berkualitas. Kartu-kartunya terbuat dari karton tebal dengan ujung kartu membulat sehingga aman untuk anak. Hasil printingnya juga jelas dengan warna yang cerah sehingga membuat anak-anak betah melakukan aktivitasnya. Selain itu, el-Hana Learning Kit membuat semua ilustrasi pada aktivitas Busy Bag Ramadan sesuai dengan kaidah Islam (bentuk makhluk hidup tidak sempurna) sehingga aku dan mas suami pun tenang memberikan permainan ini. el-Hana Learning Kit juga punya produk mainan edukatif lainnya yang bisa dicek di website. 

Dengan harga IDR 150,000, Busy Bag Ramadan ini menurut aku terbilang terjangkau. Apalagi dengan banyaknya aktivitas menarik dan edukatif yang bisa dilakukan anak-anak selama bulan Ramadan. Dengan begini, kita juga bisa mengalihkan anak-anak dari tv dan gadget. Oya, saat ini El Hana Learning Kit sedang mengadakan program donasi BUY ONE DONATE ONE di mana setiap pembelian Busy Bag Ramadhan melalui website el-Hana akan langsung disalurkan produk yang sama kepada anak-anak muslim lainnya di beberapa wilayah. Jadi, tidak hanya kita bisa bermain dan belajar bersama anak-anak tetapi kita juga bersedekah berbagi kebahagiaan dengan anak lainnya. Busy Bag Ramadan dari program donasi ini akan diberikan kepada murid Paud khusus anak-anak pemulung dan peserta kajian Ramadhan for Kids. Insya Allah ini akan jadi ladang pahala kita untuk bekal di akhirat nanti. 


Jadi, apa nih persiapan kalian dalam menyambut bulan Ramadan bersama anak-anak? Share di kolom komentar di bawah ini ya. Siapa tahu komentar kalian bisa jadi tambahan ide aktivitas selama bulan puasa nanti. Jangan lupa juga untuk mengunjungi website dan media sosial el-Hana Learning kit di bawah ini. 

Website: http://elhanalearningkit.com/
Fanpage: el Hana Learning Kit 
Instagram: @learning_kit


Thanks for reading!
46 comments on "Busy Bag Ramadan el-Hana Learning Kit untuk Ramadan ceria bersama anak"
  1. anteng banget si kecil mba Tya, udah mulai belajar puasa Ramadan ini?

    ReplyDelete
  2. El-Hana sellau memberikan media edukasi yang istimewa untuk membantu para orangtua dalam belajar.
    Anak-anak secara gak langsung belajar yaa, mba...tentu dengan suasana hati riang karena sambil bermain.

    ReplyDelete
  3. Asyik banget nih ya kalau bermain dan belajar bersama busy bag ini. Mau intip2 ke webnya juga habis ini.

    ReplyDelete
  4. Aku juga punya beberapa sensory play merk ini tapi yang seri ramadhan belom beli neh mbak.

    ReplyDelete
  5. masha allah, ini unik dan kreatif banget.. pengen juga buat nafeesa di rumah. makasi banyak mba tia infonya ^^

    ReplyDelete
  6. Seru banget isi dalam busy bag ramadhan. Bisa buat keponakan ku nih.

    ReplyDelete
  7. Super Kecee mbaaa
    aku jadi pengin bikin juga
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  8. Whuaaaaa, jadi pengen beliin buat Ipank. Keren nih ....

    ReplyDelete
  9. Wah iya kak Tya aktivitas bermanfaat ya jadi learning by doing ya buat anak-anak asyik banget nih. Ingat kecil paling aku isi buku dari sekolah puasa/nggak, taraweh, apa topik ceramah dan minta ttd ustad. Hahaha

    ReplyDelete
  10. Ramadhan jadi menarik bagi anak-anak... saya tertarik dengan Ramadhan Charts-nya nih

    ReplyDelete
  11. Ya ampun lucu banget busy bag-nya. Anak-anak bisa anteng seharian nih kayanya. :D

    ReplyDelete
  12. waaah kak Tya, el Hana Learning kit ini bagus banget, edukatif, kreatif, inovatif dan pasti bermanfaat banget. Bisa jadi 'kado' bagus dan baik buat anak-anak. Aku aja suka ngeliatnya hehehe

    ReplyDelete
  13. Saya juga punya gunting ukir kayak gitu. Kalau CMumut bilang bunting flagnya : jemuran. "Ini kapan diangkat," katanya -_-

    ReplyDelete
  14. Bagus banget busy bag nya.. sayang Alula belum paham. Padahal suka banget deh.

    ReplyDelete
  15. Eh lucu dan kreatif banget ini, mba. Ayyas tuh suka banget main barang yang kreatif seperti ini. Apalagi di bulan ramadan ya mba :)

    ReplyDelete
  16. Wah.. iya mba, si Abang juga sekolahnya pas puasa libur total. Ini busy bagnya ada ga ya yg buat usia 12 tahun. Saya biasanya tiap tahun beliin kayak busy bag gitu buat kesibukan Abang. Tahun ini belum.. pas baca ini jadi inget lagi.

    ReplyDelete
  17. Btw, out of topic nih ya kak. . Itu foto pake kanera apa ya? Hehehe. . Aku sukak, jernih banget.

    ReplyDelete
  18. Bagus yaa bukunya bikin anak2 lupa kalau lagi puasa.

    ReplyDelete
  19. Wah lucu bangeeett, jd pengen beliin juga buat anak2. Mau kepoin ah webnya :D

    ReplyDelete
  20. Busy Bag,,, ini klau kidos dibeliin jadi bnyk kegiatannya ngga bakalan terasa klau lagi puasa, bntukny juga unik, bisa dijadiin hadiah buat ponakan2 nih

    ReplyDelete
  21. Mainan edukatif buat anak memang penting , membantu orangtua mengasuh anak

    ReplyDelete
  22. ooh ini toh isi dalamnya busy bag Elhan. Ownernya temenku sendiri nih mba, tapi aku belum pernah beli satu pun karena umur anakku belum cocok buat mainan si busy bag.

    ReplyDelete
  23. Wah learning kit busy bag nya menarik sekali pasti anak-anak jadi suka bermain sambil belajar ya...

    ReplyDelete
  24. Wah, bermanfaat banget nih mba, jadi lebih mudah mencari alternatif melatih kreatifitas anak, ntar aku lihat-lihat ke learningkit deh..

    ReplyDelete
  25. Wow... puzzle ���� bagus banget El Hana nih apalagi pas temanya Ramadhan. Anak2 pasti suka. Mamanya nemenin plus bantuin berkreasi. Harganya cukup terjangkau ya mb tya �� Brli via web nya bisa sekalian beramal. Keren!

    ReplyDelete
  26. Asyik nih ada kegiatan yang bisa menyibukkan anak-anak saat Ramadhan. Jadi nggak terasa waktunya.

    ReplyDelete
  27. Babam di kasih ini lumayan anteng 15 menit. Dudududu jadi harus punya ratusan kaya gini nih tiap hari hehe

    ReplyDelete
  28. Hi adek zidan, main bareng mas dastan yuk hihi.. punya anak cowok itu memang harus creatif ya mba, termasuk mengisi waktu saat ramadhan, selain mengajarkan anak tentang puasa ramadhan juga melatih disiplin anak, harganya juga masih terkangkau, mau pesan juga ah.. semoga masih ada stock

    ReplyDelete
  29. Anakku senang nih kreatifitas seperti ini,cucok untuk mengisi siang saat puasa

    ReplyDelete
  30. Bisa menjadi alternatif kegiatan mengisi waktu luang saat libur puasa. Drpd main di luar rumah panas panasan dan bikin puasanya jd terganggu

    ReplyDelete
  31. Wahhh... busy bag ramadhan aku kira dr namanya kayak isinya tools Ramadhan kayak kurma, gitu hahaa.. gak taunya semacam agenda edukasi ramadhan utk anak ya
    Bagus nih buat anak belajar memaknai arti Ramadhan melalui busy bag ini ya

    ReplyDelete
  32. Seruuu! Aku juga pengen ikut nyobain sih kalo ini hahahaha.

    ReplyDelete
  33. 150rb isinya bagus dan lucu2, bisa nih buat si abang di rumah.

    ReplyDelete
  34. Budy bag Ramadhannya bagus ya, bisa memicu kreatifitas anak

    ReplyDelete
  35. Teh Tya, ini lucu banget yaa. Melatih motorik anak sekaligus menanamkan nilai islami, aku beli aahh buat ponakan

    ReplyDelete
  36. Menarik ya, yang kartu tentukan batal atau tidak, soalnya bergambar, jadi lebih mudah dimengerti oleh anak, ya? :)

    ReplyDelete
  37. Isinya bussy bag Ramadan keren, bikin anak sibuk dan kreatif

    ReplyDelete
  38. Busy Bag Ramadhannya keren banget. Melatih anak-anak untuk berpuasa selama dengan kedisplinan, tapi tetap menyenangkan.

    ReplyDelete
  39. Busy bag nya lucu banget. Isinya bikin anak2 kreatif nih. Asyik banget.

    ReplyDelete
  40. lucu banget pasti seru deh kalau aku punya kartu ini untuk Haidar, secara tahun ini tahun pertama Haidar belajar berpuasa

    ReplyDelete
  41. Baguuus yaa.. Kebayang deh, asyiknya anak-anak main sambil merhatiin gambarnya. Btw, keren banget program buy one donated one nya. Sekaligus berbagi kebahagiaan di bulan ramadan. Semoga banyak anak yang bisa ikut main mainan bermanfaat ini. Aamiin.

    ReplyDelete
  42. mainannya menarik! Cocok buat keponakan yang super kreatif.

    ReplyDelete
  43. Lucuuuukkkk. Pengen ih beli buat ponakan. Makasih infonya ya Tyaa..

    ReplyDelete
  44. Mbak tya anaknya usia brp? Aq juga sdg memperkenalkan ttg aktivitas ramadhan kpd anakku yg usia 4 tahun, aq pingin nyoba dr el hana learning kit ini juga deh, tfs mbak

    ReplyDelete
  45. Kak tya lucu banget sih foto fotonya :( (fix salfok total)

    ReplyDelete
  46. pernah beli yg el hana busy bag ada permainan montessori-nya waktu mada usia 2 tahun, bermanfaat banget lho, btw aku blum punya yg edisi ramadhan nih

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature