Top Social

Dapat THR, dipakai untuk apa saja sih?

Monday, 11 June 2018
Tidak terasa Idul Fitri tinggal menghitung hari saja. Hari raya yang satu ini memang yang paling ditunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Idul Fitri berarti libur panjang, mudik ke kampung halaman, berkumpul dengan sanak saudara, dan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya. THR, sesuai dengan kepanjangannya, adalah hak yang diberikan perusahaan kepada setiap karyawannya. Biasanya THR ini diberikan antara 1-2 minggu sebelum hari raya tiba. Bagi sebagian orang (termasuk aku sendiri), THR adalah berkah karena bisa membantu mewujudkan impian. 


Tahun ini keluarga kami hanya mendapatkan THR dari satu sumber saja (karena mas suami sudah tidak bekerja kantoran). Tapi tentu saja kami tetap bersyukur dengan apa yang kami terima dan berusaha memanfaatkan uang THR semaksimal mungkin. Setelah berdiskusi panjang lebar dengan mas suami, THR tahun ini kami bagi dalam beberapa pos yaitu: 

1. Membayar zakat fitrah

Hal pertama yang kami lakukan saat mendapatkan THR adalah membayar zakat fitrah. Masa sudah dapat uang THR terus malah melupakan hal yang wajib? Jangan sampai ya. Selain itu, tidak ada salahnya membayar zakat fitrah lebih awal agar hati tenang. Apalagi sekarang membayar zakat semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Beberapa tahun yang lalu kami pernah menunda-nunda membayar zakat sampai di malam takbiran dan ternyata banyak juga yang melakukan hal yang sama. Akibatnya kami harus menunggu antrian dan takbiran pun jadi sedikit terganggu. Kapok deh! 

2. Menyiapkan dana untuk Idul Adha

Terkadang kita lupa kalau hari raya umat muslim itu tidak hanya Idul Fitri saja, tetapi juga Idul Adha. Sayangnya THR tidak turun di hari raya kurban ini (berharap banget bisa THR dua kali dalam setahun ^.^). Padahal berkurban hukumnya wajib bagi mereka yang mampu. Selama ini aku merasa kalau kami tidak mampu berkurban, padahal permasalahannya adalah manajemen keuangan kami yang kurang baik. Hal ini juga disampaikan oleh pembicara financial workshop yang aku ikuti tahun lalu. Meskipun memang dana yang disisihkan belum bisa membeli satu kambing, setidaknya kami sudah menyicil sedikit. 

3. Membayar uang sekolah anak

Tunjangan Hari Raya selalu kami alokasikan untuk membayar uang sekolah mas Deniz. Uang THR tahun ini kami gunakan untuk membayar biaya daftar ulang sekolah, seragam, dan kebutuhan sekolah mas Deniz lainnya. Kebetulan Lebaran kali ini jaraknya berdekatan dengan tahun ajaran sekolah baru sehingga kami sangat terbantu dengan THR. 

4. Menabung

Keluarga kami, baik dari pihak aku maupun pihak mas suami, memang tidak pernah mudik karena kebanyakan keluarga kami memang tinggal di ibukota. Jadi kami memang tidak punya alokasi mudik. Sebaliknya, kami menyisihkan sebagian uang THR untuk ditabung. Tabungan ini hampir tidak pernah kami sentuh kecuali ada keperluan yang sangat mendesak seperti anak sakit. 

5. Membeli gadget impian

Sebagai seorang blogger, yang namanya gadget bisa dibilang merupakan kebutuhan primer. Smartphone, kamera, dan laptop adalah beberapa gadget yang wajib dimiliki seorang blogger. Kebetulan tahun ini dana THR masih tersisa cukup untuk meng-upgrade laptop aku yang belakangan ini mulai rewel. Selain itu, spefisikasi laptop lama aku memang rendah sehingga kalau dipakai untuk mengedit foto atau video pasti sangat lambat. Tentunya ini sangat mengganggu ya, apalagi kalau sedang dikejar deadline. Jadi sisa THR tahun ini aku pergunakan untuk membeli laptop Acer yang direkomendasikan oleh adikku. Oya, sebelum membeli aku juga membandingkan spesifikasi yang sesuai kebutuhan dan tentunya juga mencari perbandingan harga yang sesuai dengan budget. 



***

Berapapun nominal THR yang kita terima, jangan lupa untuk bersyukur. Selain itu, manfaatkan uang THR semaksimal mungkin. Kalau perlu buat skala prioritas apa saja yang ingin kamu beli agar uang THR tidak sia-sia. How about you? Bagaimana cara kamu mengatur uang THR? Adakah yang membeli gadget impian pakai uang THR seperti aku juga? Share di kolom komentar di bawah ini ya. 

Selamat hari raya Idul Fitri! 
3 comments on "Dapat THR, dipakai untuk apa saja sih? "
  1. THR buat pulang kampung terus bagi-bagi ke ponakan,, biar pada seneng.. hehehe

    ReplyDelete
  2. kalau saya tahun ini uang thr buat melengkapi rumah, mbak

    ReplyDelete
  3. Kalo saya buat nambah modal nikah haha

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature