Top Social

20 facts about Tya - 31 Day Blog Challenge

Tuesday, 7 August 2018
Siapapun yang membaca blog Talkativetya pasti sedikit banyak tahu beberapa hal tentang aku. Di postingan kali ini, aku mau buka-bukaan nih tentang 20 fakta seorang Tya. Apa aja sih? Langsung terusin aja bacanya  ya!


1. Anak pertama dari 3 bersaudara.

Tya itu adalah anak sulung dan kedua adikku itu cowok. Jadi bisa ngebayangin dong kalau dulu tuh aku super bossy sama adik-adiku. Apalagi aku suka kesel karena tidak diajak main bareng (yaiyalah, siapa juga yang mau ajak  kakak cewek main bareng?) Orangtuaku pernah cerita kalau dulu aku pernah minta mereka berdua dibuang aja karena bikin rumah berisik dan berantakan (whaat?) Segitunya yaa. Meskipun begitu aku tetap sayang kok sama mereka.

2. Pakai jilbab 2 bulan sebelum lulus SMA.

Keputusan memakai jilbab memang muncul mendadak. Entah gimana ceritanya, pokoknya tahu-tahu ada dorongan kuat untuk pakai jilbab. Akhirnya dengan pede aku pakai jilbab dua bulan sebelum kelulusan (tahun 2002). Banyak yang kaget dengan keputusan ini karena memang sebelumnya aku tomboi banget. Karena serba mendadak, aku tuh inget banget tidak punya baju seragam panjang dan jilbab. Mau beli juga tanggung kan karena sudah mau lulus. Alhamdulillah teman-teman Rohis di sekolah aku gercep menghibahkan beberapa seragam yang tidak terpakai dan juga jilbab. Terharu banget deh, ini salah satu kenangan yang tidak terlupakan.

3. Kalau ketawa selalu ngakak.

Nah ini nih yang dari dulu sampai sekarang tidak bisa diubah. Aku kalau ketawa ngakak bisa lupa diri aliastidak jaim. Kadang suka malu sendiri, terutama pas teman-teman lain ketawanya manis (ketawa feminin) sedangkan akunya ketawa sudah kaya orang gila. Tapi ya mau gimana, kalau ditahan nanti malah sakit perut. Iya tidak?

4.Tidak pernah punya kuku panjang.

SD aku waktu itu termasuk SD favorit dan punya peraturan ketat, salah satunya adalah kebersihan kuku. Kalau kami ketahuan punya kuku panjang sedikit aja, pasti penggaris sudah mendarat mesra di tangan (you know what I mean). Dari situ aku selalu memotong kuku aku sampai pendek dan jadi kebiasaan. Kebiasaan memotong kuku sampai pendek ini juga aku terapkan ke mas suami dan anak-anak.

5. Pakai baju harus matching.

Drama yang selalu terjadi setiap kali aku mau pergi, entah itu pergi kerja atau cuma sekadar hangout, adalah memilih baju. Kenapa jadi drama? Soalnya aku kalau pakai baju harus matching. Saking terobsesi-nya matching-in warna, aku sampai mengumpulkan pins di Pinterest tentang Fashion Color Scheme dan What to wear with color. So, you won't see me wearing mismatched outfit.

6. Kalau jalan kaki selalu ngebut.

Mungkin karena sejak kecil aku sudah diajarkan disiplin, ditambah lagi aku ikut Paskibraka, aku jadi terbiasa bergerak cepat. Jujur aku paling sebel kalau ada orang jalan santai gitu karena menurut aku mereka bikin aku jadi melambat. Alhamdulillah mas suami yang juga Paskibraka punya kebiasaan yang sama. Jadi kalau kamu jalan bareng aku dan aku jalannya lambat, berarti aku menahan diri untuk tidak melesat secepat kilat.

7. Ketemu suami lewat kontak jodoh online.

Banyak yang tidak percaya kalau aku bilang aku ketemu mas suami lewat kontak jodoh online. Tapi nyatanya kami memang kenalan via kontak jodoh online dan ternyata klop. Apalagi kami berdua sama-sama pernah jadi Paskibraka (mas suami dulu Paskibraka Nasional wakil Jakarta tahun 1998). Ini kalau mau diceritain panjang, jadi kalau kalian mau tahu ceritanya just give me a shout in the comment box ya.


8. Paling benci sama orang merokok dan asap rokok.

Fact yang satu ini kayanya tidak perlu dijelasin panjang lebar deh. Pasti sudah pada tahu kan kalau rokok dan asapnya itu sangat berbahaya bagi kesehatan? Sedihnya, orangtuaku itu merokok dan sampai sekarang aku masih belum bisa menghentikan kebiasaan merokok ini. Mentok-mentoknya ya hanya bisa mendoakan saja. Aku bersyukur mas suami tidak merokok jadi rumah kami bebas asap rokok. Kalau ada tamu yang datang mau merokok, kami persilahkan merokok di luar pagar rumah.

9. Bisa mengendarai motor tapi tidak punya SIM C.

Aku sudah bisa mengendarai motor sejak masih SMA tetapi hingga sekarang aku tidak punya dan tidak kepingin membuat SIM. Alasannya? Aku kalau malam tidak bisa melihat jalanan dengan jelas sehingga aku kuatir akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Biasanya aku naik motor hanya sebatas ke mini market depan rumah aja.

10. Suka gadoin sambal.

Kalian pasti sudah tahu kalau aku memang pencinta makanan pedas. Tapi selain menyukai makanan pedas, aku juga suka gadoin sambal. Entah itu sambal terasi, sambal goreng, sampai cabe bubuk pun aku gadoin. Banyak yang kasih nasehat jangan terlalu sering makan makanan pedas karena kuatir nanti usus buntu, tapi bagaimana ya? Namanya juga suka. Hehehe.


11. Selalu sedia cabe bubuk di dalam tas.

Ini masih nyambung dengan fakta sebelumnya. Karena kesukaanku akan makanan pedas, aku selalu membaca cabe bubuk di dalam tas. Alasannya? Beberapa kali aku pergi ke restoran dan memesan menu makanan super pedas (kata mbak/mas-nya itu udah yang paling pedas) tetapi kenyataannya makanan tersebut tidak pedas (menurut versi aku). Disitulah cabe bubuk berperan penting. Aku bisa langsung tambahkan cabe bubuk sesuai selera dan tidak merepotkan mbak/mas pramusaji di restoran.

Baca juga:
What's in my bag?
What's in my makeup bag 2018

12. Es krim vanilla favoritku.

Kalau diminta untuk memilih rasa es krim favorit, aku pasti langsung menjawab vanila. Menurut aku es krim rasa vanila itu manis dan gurih. Nikmat deh! Apalagi kalau ditambahkan dengan berbagai macam topping.


13. Mulai belajar makeup tahun 2012.

Aku ingat pertama kali aku mulai belajar pakai makeup dengan serius adalah di tahun 2012. Waktu itu aku mengajar bahasa Inggris untuk staff di Mahkamah Konstitusi dan aku merasa kok aku ini dekil (kurang menarik dari segi penampilan). Apalagi pekerjaan aku waktu itu kan mengajar di lembaga negara yang formal. Jadi aku memutuskan untuk mulai belajar menggunakan makeup sedikit demi sedikit bermodalkan beauty blog dan tutorial di Youtube.

14. Kalau foto tidak pernah kelihatan gigi.

Saat sedang bermain sepatu roda, aku terjatuh cukup parah sehingga salah satu gigi depan aku gompal (patah sebagian). Hingga saat ini aku masih belum berani memperbaiki gigi aku ini (karena katanya gigi tersebut harus dicabut lalu dipasang jaket/crown, ngebayanginnya aja sudah ngeri). Jadi solusi paling mudahnya adalah kalau foto ya selalu mingkem.

15. Tidak mau beli baju dengan harga diatas 100 ribu.

Aku bukan orang yang brand-oriented dalam hal fashion. Kebanyakan pakaian yang aku miliki aku beli di toko pakaian biasa di pasar atau di pusat perbelanjaan seperti ITC dengan harga yang murah. Menurut aku, pakaian yang bagus itu tidak harus mahal dan bermerek. Yang penting untuk aku adalah pakaian tersebut nyaman digunakan dan modelnya cocok. Kalaupun aku membeli baju bermerek, aku biasanya menunggu diskon besar-besaran sampai harga bajunya dibawah 100 ribu. Alasan lainnya? Penghematan!

16. Kalau makan ayam goreng kulitnya dimakan belakangan.

Siapa yang doyan kulit ayam goreng? Kulit ayam goreng rasanya memang luar biasa sampai bisa menjadi sumber konflik kalau makan di restoran. Aku sendiri termasuk yang kalau makan ayam goreng, kulit ayamnya disisihkan dan baru dinikmati belakangan. Ini nikmat banget sih, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi kalau kulit ayamnya pedas dan dicocol dengan sambal.


17. Selalu datang tepat waktu (insyaAllah).

Kedisplinan yang diajarkan di rumah, sekolah, dan dari Paskibraka membuat aku terbiasa untuk datang tepat waktu (bahkan lebih awal). Aku ingat masa SMP dan SMA dulu, aku selalu jadi murid pertama yang datang ke sekolah (wong pas aku datang itu pagar sekolah masih digembok). Di kantor aku sekarang pun seringkali menjadi guru pertama yang datang. Enaknya datang awal/tepat waktu itu aku bisa santai sejenak dan kerja pun tidak terburu-buru.

18. Pernah punya ular peliharaan.

Di tahun 2008 dulu, ada cowok yang dekat dengan aku (mau PDKT) dan dia ini punya bisnis memasok binatang eksotik ke toko hewan di area Jabodetabek. Beberapa hewan eksotik yang dia pasok ini adalah tarantula, kalajengking, kura-kura, tokek, sampai ular. Nah entah awalnya gimana, aku dikasih satu ular sama dia untuk dipelihara. Ularnya jenis mono pohon Papua yang berukuran kecil, ular ini sering disebut juga ular gelang karena memang si ular senang melingkar di atas pagar (maksudnya di pergelangan tangan). Tapi peliharaan ular ini tidak bertahan lama karena aku didemo satu rumah. Anggota keluarga lainnya takut sama ular dan hampir setiap hari aku diomelin soal ular itu. Akhirnya aku memutuskan untuk mengembalikan si ular ke pemiliknya.

19. Makan sambil baca buku.

Aku memang punya hobi membaca. Membaca bagi aku adalah cara paling mudah untuk relaksasi. Entah awalnya bagaimana, aku punya kebiasaan makan sambil baca buku (atau baca buku sambil makan). Kebiasaan ini sudah aku lakukan sejak SD dulu. Banyak yang bilang kalau ini adalah kebiasaan buruk, tetapi sulit sekali menghentikannya. Aku mulai berusaha mengurangi kebiasaan ini, terutama kalau aku sedang makan bersama keluarga dan teman. Tetapi rasanya kurang nikmat, seperti ada yang kurang.

20. Tidak suka pakai aksesoris perhiasan.

Fakta terakhir tentang seorang Tya adalah aku tidak suka pakai perhiasan seperti cincin, anting, gelang, dan kalung terutama yang dari logam mulia seperti emas. Bahkan aku pun tidak menggunakan cincin nikah aku (mas suami juga tidak pakai sih). Alasannya aku suka ribet sendiri dengan perhiasan ini dan sayang juga kalau dipakai takut nanti lecet. Jadi perhiasan ini hanya aku simpan saja.

***

Ternyata banyak juga ya! Setelah membaca 20 fakta ini apakah kalian jadi lebih mengenal seorang Tya? Adalah fakta yang membuat kalian terkejut? Bagaimana dengan kalian? Adakah fakta tentang diri kalian yang orang lain tidak tahu? Share di kolom komentar ya!

Thanks for reading!
20 comments on "20 facts about Tya - 31 Day Blog Challenge "
  1. Lucu lucu fakta tentang Mbak Tya. Sama mbak aku juga ga suka kuku panjang sama jalannya cepet karena dari SMP aku juga ikutan ekskul paskibraka.

    ReplyDelete
  2. Aih seru banget informasi tentang mba Tya. Aku jadi tahu banget nih. Mba Tya walaupun senyum kliatan gigi pun pasti juga tetap cakep kok mba. Mmh belajar make up 2012 dan udah prof banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah aku sebenernya malu deh kalau foto nyengir, berasa kaya nyengir kuda mbak.

      Delete
  3. Yang aku inget itu dari ketawa ngakaknya.....khas tya dari kecil wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, tuh kan aku jadi ngakak.... Berisik ya aku kalau ketawa...

      Delete
  4. poin 5,6, 14 dan 17 kita samaaaaa... eh soal gigi itu aku ngakak, karena problem kita mirip. Aku ada yang ompong karena gripis dan paling takut sama dokter gigi dan gak tahan kalau harus dioprekin pake gigi palsu segala. aku biarin aja ompong hahaha. Kalau foto ya mingkem atau ambi sisi kanan supaya gak keliatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah salut sama mbak Donna bisa pede padahal gigi ompong. Jujur aku belum se-pede itu mbak. Tapi mau dibenerin di dokter gigi juga nggak berani.

      Delete
  5. Wkwkwk no 1 kejeeeemm😂😂😂
    Toooss aku jg jarang beli baju di atas 100 rb #pelit baju2ku jg kebanyakan ITc punya😂
    Ooo jd itu alasan Mbk Tya kalai dipoto mingkem😂😂😂

    ReplyDelete
  6. Mba Tyaaa banyak persamaannya dgnkuuu.... suka gadoin sambel, ketemu suami di kontak jodoh, baju 50 ribuan, dll wkwkwk tos ah

    ReplyDelete
  7. Ada beberapa yang sama kayak aku, nih, Mba Tya.. Apalagi nomor 16.. Nyahahaha kulit ayam goreng garing itu nikmat duniaaaa.. Pernah aku ngambek gegara aku sisihin kulit ayam eh dimakan dong sama pak suami.. wkwkwk.. Kezeeel.. :D Buat baju pun toosss mba.. haha.. Bolehlah kapan ke ITC bareng kita.. haha.. Seruuu baca fun fact Mba Tya.. Hihi.. :D

    ReplyDelete
  8. Wiiih Wiiih mbak Tya ini keren dan menggemaskan yaaaaa...lucu2 gituuu... Ga kebayang deh 2 bln menjelang ketulusan SMU berubah total jadi hijaber ya naggung itu binun seragamnya ya. Toss aku penyuka ayam gorong tapi aku makannya ga pilih2 mana duluan hahaha. Bener nih jodoh online? Omg kereeen ������

    ReplyDelete
  9. Seru ya, kalau kita membuka lagi perjalanan kita masa lalu, ahahaha.
    Tulisannya bagus mba, jadi inspirasi

    ReplyDelete
  10. jadi semakin kenal dekat mba tya deh hehe btw mba mending bikin sim c aja daripada kelamaan trus testnya susah he he

    ReplyDelete
  11. Samaan mbak soal makan ayam saya sukaaa banget sama kulitnya, kriuk2 gitu aaagi dicocol sambel pedes.

    Jodoh memang gak disangka2 ya mbak, ketemu melalui kontak jodoh online. Semoga samawa ya mbak Tya

    ReplyDelete
  12. Pelihara ular sih mbak.. gak banget deh.. gak heran didemo orang serumah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkwkwk iya yaaa. Tapi pelihara ular itu melatih kesabaran dan sekaligus uji nyali lho mbak

      Delete
  13. bakalan ketinggalan aku kalaunjalan sama mba tya. soalnya aku jalannya santai hihi

    ReplyDelete
  14. Ty, kok kita ada beberapa kesamaan yak? Wkwk, sumpah deh. Gw anak pertama, kalo ketawa selalu ngakak, suka es krim vanila, kalau jalan kaki ngebut, suka sambal, ga suka beli baju mahal, serta ga pakai aksesoris.


    Apaqa kita sebetulnya adalah jodoh?


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature