Top Social

Ingin membuat blog? Siapkan 8 Hal berikut ini!

Monday, 6 August 2018
“Wah, jadi blogger bisa ketemuan dan foto-foto sama artis.”
“Asyik ya, cuma nulis di blog aja bisa dikirimin produk.”
“Seru deh jadi blogger, bisa kerja di rumah.”

Ini hanyalah sebagian dari komentar yang sering aku dapatkan tentang kegiatan aku sebagai seorang blogger. Jujur aku sendiri tidak menyangka kalau aku akan sampai di titik di mana hobi menulis aku tidak hanya sekadar memberikan informasi bagi orang lain, tetapi juga bisa membantu aku dari segi finansial. Tentu saja ini semua tidak didapatkan secara instan ya. Ada perjuangan dan kerja keras dibalik blog Talkativetya ini (yang kalau dibandingkan dengan blog para senior sih belum ada seujung kuku).


Saat ini, profesi blogger (bagi sebagian orang ngeblog memang merupakan mata pencarian utama mereka) semakin banyak diminati. Apalagi sekarang banyak perusahaan, bahkan lembaga pemerintah yang menggunakan jasa blogger untuk membantu menyebarkan informasi ke masyarakat umum. Jadi jangan heran kalau sekarang banyak blog dengan berbagai niche yang bisa kita lihat di dunia maya. Kali ini, Tya mau berbagi tentang 8 hal yang harus kalian persiapkan sebelum kalian memulai blog. Lanjut bacanya ya. 

1. Tentukan tujuan blog

Coba kalian renungkan, apa sih tujuan kalian membuat blog? Dulu sebelum aku mulai ngeblog, aku cukup aktif di beberapa komunitas sastra dan penulis. Namun setelah menikah, aku ingin menulis di luar sastra (FYI, dulu aku menulis puisi lho) dan aku butuh wadah untuk menuangkan tulisan aku. So, I decided to make a blog. Selain itu, aku berharap tulisan aku bisa bermanfaat untuk orang lain. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian ngeblog untuk mengasah kemampuan menulis, untuk curhat, berbagi ilmu, atau mungkin berdakwah? 

Tips dari Tya:
Apapun tujuannya, pastikan tujuan tersebut bersifat positif ya!


2. Tentukan niche/topik blog

Hal berikutnya yang harus dipersiapkan sebelum memulai blog adalah topik utama dari blog. Menentukan topik atau niche blog dari awal bisa membantu kalian agar konsisten dalam menulis. Saat aku memulai blog Talkativetya ini, aku tidak punya niche khusus sehingga tulisan yang ada di blog pun kurang menarik dan cenderung berantakan. Baru di tahun 2012 aku memutuskan untuk fokus di niche beauty dan berlanjut hingga sekarang. 

Tips dari Tya:
Pilihlah niche yang sesuai dengan kesukaan kalian sehingga kalian terhindar dari rasa bosan. Selain itu, pilih niche yang kalian kuasai sehingga akan memudahkan dalam menuangkan ide ke bentuk tulisan. 

3. Pilih platform yang akan digunakan

Next, kalian harus memikirkan mau menggunakan platform apa untuk blog kalian. Saat ini ada banyak platform yang menyediakan fasilitas untuk blogging dan dua platform yang paling sering digunakan adalah Blogger dan Wordpress. Kedua platform ini memberikan layanan blogging secara gratis. Namun tentu ada batasan-batasannya ya.  


Bagi kalian yang punya dana lebih dan ingin bisa lebih bebas dalam mengatur blog, kalian bisa menggunakan self-hosted Wordpress. Ada banyak kelebihan dari self-hosted Wordpress ini yaitu banyaknya plug-in dan tema yang bisa digunakan dan tentunya bisa bikin blog kamu terlihat menarik. Untuk menjalankan Wordpress self-hosted ini, kamu membutuhkan hosting dan domain dan kemudian meng-install wordpress sebagai blogging platform kamu. Tutorial cara membuat blog di Wordpress ini bisa kalian baca di link berikut ini ya!


Tips dari Tya: Pelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing platform sebelum memutuskan mau pakai yang mana. 

4. Tentukan branding blog

Dalam beberapa workshop yang aku ikuti, pemateri menekankan pentingnya branding dalam sebuah blog. Branding blog berarti bagaimana pembaca menilai sebuah blog. Sebagai contoh, blog Talkativetya ini sudah dikenal sebagai beauty blog dengan low-medium budget sehingga pembaca yang mampir ke blog ini pada umumnya memang mencari informasi seputar produk skincare, makeup, sampai tips kecantikan. Ketika sebuah blog sudah memiliki brand yang kuat, kita tidak perlu repot mencari pembaca karena pembaca akan datang sendiri. 

Tips dari Tya: Branding is king dan kuncinya ada pada konten. Selain itu, just be yourself dan be different. 


5. Optimasi media sosial pendukung blog

Selain blog, media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook bisa membantu agar blog kita dikenal dan diketahui banyak orang. Gunakan media sosial ini untuk membagikan konten blog secara rutin. 

Tips dari Tya: Bijaklah ber-sosmed. 

6. Siapkan tulisan/konten

Bukan blog namanya kalau tidak ada kontennya. Jadi sebelum kamu membuat blog, ada baiknya kamu menyiapkan sekitar 5-6 tulisan untuk dipublikasikan di blog. Usahakan agar tulisan yang kalian buat ini berkualitas dan bukan hasil copy-paste tulisan orang lain ya. 

Tips dari Tya: Buat yang masih bingung mau nulis apa, kalian bisa dapat banyak ide tulisan untuk blog di Pinterest seperti foto di bawah ini. 

7. Bergabung dengan komunitas blogger

Saat ini ada banyak sekali komunitas blogger yang bisa kalian ikuti. Beberapa komunitas blogger yang aku ikuti adalah BloggerCrony, Komunitas ISB (Indonesia Social Blogpreneur), Blogger Perempuan, Indonesian Female Blogger, dan beberapa komunitas lainnya. Ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan bergabung dalam suatu komunitas blogger, mulai dari menambah teman, belajar ilmu blogging dari pakarnya, memperluas koneksi, sampai mendapatkan pekerjaan/partnership. 

Tips dari Tya: Pilih komunitas yang sesuai dengan blog kalian. 

8. Just do it!

Terakhir, just do it! Kalau memang kamu ingin membuat blog, apalagi kalau tujuannya baik dan positif, jangan ditunda-tunda. Selain itu, kamu juga harus siap dengan segala cobaan yang akan muncul. Entah itu rasa malas dalam mengupdate konten atau kebuntuan dalam mencari ide tulisan. Apapun cobaannya, ingat kembali apa tujuan blog kamu dibuat. 

*** 

Itu dia 8 hal yang perlu kamu lakukan sebelum membuat blog. Semoga tulisan ini bisa membantu kalian semua yang ingin menjadi seorang blogger namun masih ragu-ragu. Anyway, apakah teman-teman punya hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membuat blog? Share di kolom komentar ya!

Thanks for reading!

Post Comment
Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature