Top Social

Arti nama blog Talkativetya - 31 Day Blog Challenge

Wednesday, 8 August 2018
Mungkin sudah tidak bukan hal baru dalam dunia hiburan ketika ada artis yang mengganti nama asli mereka dengan nama panggung di Kantor Catatan Sipil dengan alasan mereka lebih dikenal dengan nama panggung mereka. Beberapa alasan lain kenapa seseorang mengganti namanya adalah karena nama tersebut artinya kurang baik dan karena nama tersebut dia jadi di-bully


Memilih nama memang bukan perkara mudah karena salah memilih nama bisa berimbas pada banyak hal. Di Islam sendiri nama adalah doa dan sebaiknya kita memilih nama yang memiliki arti yang baik. Kalau teman-teman mampir ke toko buku, kalian bisa melihat ada banyak sekali buku kumpulan nama-nama. Mulai dari buku kumpulan nama-nama islami, nama anak perempuan/laki-laki populer, dan masih banyak lagi. Selain itu, umat Muslim pun dianjurkan untuk memanggil orang lain dengan nama panggilan yang baik. Itulah kenapa setiap kali aku bertemu dengan orang baru, aku selalu menanyakan mau dipanggil dengan nama apa. 

Ketika aku membuat blog ini di tahun 2009, salah satu hal yang menahan aku untuk tidak langsung mempublikasikan blog adalah nama blog. Ya, memilih nama blog itu sama sulitnya seperti memilih nama untuk anak. Apalagi waktu itu aku sama sekali buta tentang blogging dan tidak punya ilmu apapun tentang branding. Setelah satu bulan memikirkan nama blog, akhirnya pilihanku jatuh pada nama Talkativetya

Kenapa Talkativetya?

Dari sejak aku SD sampai kuliah, semua orang memanggil aku dengan nama “Ati” yang diambil dari nama depan aku: Atisatya. Sebetulnya nama ini punya arti yang bagus (ibuku bilang nama Atisatya itu artinya ‘hati yang setia’), sayangnya teman-teman waktu di SD dulu suka meledek nama aku. Aku sering diledek dengan nama ‘ati ayam’, ‘ati sapi’, sampai nama aku diputar-putar jadi ‘t*i’. Kalau sekarang ini sudah termasuk bullying ya. 

Aku sudah sering meminta pada teman-teman sekolah dan guru untuk memanggil aku dengan nama ‘Tya’ (karena di rumah aku dipanggil dengan nama ini), tetapi permintaan aku dianggap seperti angin lalu saja. So, I had to survive with this name until I graduated from college. Aku mulai dipanggil dengan nama ‘Tya’ ketika aku kerja. Jadi, itulah salah satu alasan kenapa nama Tya itu penting untuk dicantumkan dalam nama blog aku. 

Bagaimana dengan kata Talkative? Ketika aku masih SMA, aku ikut kursus bahasa Inggris di salah satu lembaga bahasa (years later, this English course became my office) dan waktu itu kami mempelajari tentang personality traits (kepribadian). Kami diminta untuk menganalisa personality traits teman sekelas dengan cara mengerjakan kuesioner. Ternyata, salah satu personality trait yang aku miliki adalah talkative alias suka ngomong. Aku bisa ngomongin apa saja tanpa jeda, apalagi kalau topiknya seru. Selain itu aku kalau ngomong juga selalu bersemangat. Teacher kami waktu itu juga meminta kami untuk mencari 3 personality traits dengan huruf awal sama dengan nama kami. Aku pun memilih: Talkative, Tenacious, Terrific.



Dari ketiga personality traits tersebut, aku paling suka dengan kata Talkative karena berima dengan nama aku Tya. Selain itu kalau dilihat dari artinya, kata Talkative ini sesuai untuk blog aku karena aku akan ‘ngomong’ banyak hal di dalam blog. Jadi, terbentuklah nama blog Talkativetya. 

Ada keinginan untuk ganti nama blog? 

Hmm, kalau ditanya apakah aku akan mengganti nama blog aku sepertinya aku akan jawab tidak. Pertama, menurut aku nama blog ini sudah sesuai dengan isi blog aku. Kedua, blog Talkativetya sudah cukup dikenal orang sehingga akan sulit dan butuh waktu lagi untuk branding ketika ganti nama. Aku ingat waktu mengikuti Workshop Fun Blogging 12 di tahun 2016, salah satu pemateri mengatakan kalau sebaiknya nama blog itu sesuai dengan nama akun social media lainnya agar lebih mudah. Aku pun langsung menyeragamkan nama akun social media aku (Twitter, Facebook, Instagram). Tetapi memang untuk blog sengaja tidak aku utak atik lagi. 

*** 

Itu dia arti dari nama blog Talkativetya dan sejarah dibalik pemilihan nama blog ini. Bagaimana menurut teman-teman? Apakah nama blog ini sudah sesuai dengan konten blognya? Atau mungkin aku memang harus ganti nama blog? Kira-kira apa saja plus minus dari mengganti nama blog? Oya, teman-teman juga bisa share di kolom komentar tentang arti nama blog/nama pribadi kalian ya. 

Thanks for reading!
1 comment on "Arti nama blog Talkativetya - 31 Day Blog Challenge"
  1. Nama blognya udah pas kok mba buat orangnya yang aktif dan ceria seperti mba Tya.

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature