Top Social

[BLOGGING 101] Tips membuat blog dengan mudah dan menarik

Saturday, 20 October 2018
Ini Dia Tips Membuat Blog Dengan Mudah dan Menarik. Membuat blog bisa dibilang merupakan hal yang mudah bagi mereka yang sudah expert. Namun bagi mereka yang baru ingin memulai, mungkin membuat blog terlihat sulit. Ini hal wajar kok karena pemula belum menguasai seluk beluk dalam dunia blog. Padahal blog merupakan media yang efektif untuk berbagi informasi hingga menghasilkan uang. Dan juga melalui blog kamu bisa melakukan personal branding dan menghasilkan uang tentunya. Jika kamu ingin memiliki blog tapi belum tahu caranya, artikel ini Tya akan membahas langkah-langkah dan tips membuat blog dengan mudah.


Namun sebelum kita masuk ke pembahasannya, kita kenalan dulu ya dengan blog. Berikut penjelasannya.

Blog Itu Apa Sih?

Secara harafiah, Blog merupakan singkatan dari “web log” yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan (yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog) pada sebuah halaman web umum (template blog). Berbagai tulisan yang dimuat di blog ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik (isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau di urutan yang pertama baru diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama dibuat), tetapi ini bukanlah hal baku dan tidak semua blog melakukan seperti ini.


Jadi secara ringkasnya, blog adalah salah satu jenis website yang memiliki isi tentang pemikiran dari satu atau banyak penulis serta memiliki urutan dari artikel terbaru hingga terlama. Blog bisa digunakan oleh berbagai perusahaan untuk meningkatkan traffic website mereka dengan memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization).

Well, setelah memahami pengertian blog, sekarang saatnya Tya akan menjelaskan tips mudah membuat blog langkah demi langkah hingga selesai dan di-publish.


Tips Membuat Blog dengan Mudah


1. Memikirkan Tujuan Anda Membuat Blog

Ya, sebelum masuk ke hal teknis kamu harus melalui langkah yang pertama ini terlebih dahulu. Sebelum membuat blog, coba deh pikirkan tema, konsep, dan materi apa yang kamu ingin tulis di blog anda. Karena bisa dibilang konten merupakan nyawa dari suatu blog. Setelah itu pikirkan juga tujuan anda membuat blog, apakah untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau melakukan promosi produk anda hingga untuk menghasilkan uang secara langsung. Memikirkan tujuan ini sangat penting.

Ada beberapa saran yang bisa dijadikan bahan renungan sebelum anda memutuskan tema, konsep dan topik yang akan anda pakai di blog yaitu :
  • Jangan ambil tema atau topik yang tidak kamu kuasai
  • Jangan ambil tema atau topik yang tidak membuat kamu tertarik
  • Ambil tema atau topik yang tidak banyak dipikirkan oleh orang lain

2. Memilih CMS yang sesuai

Tips membuat blog yang kedua adalah menentukan CMS (Content Management System) apa yang akan kamu gunakan. Saat ini ada banyak jenis platform yang dapat digunakan untuk membuat blog, seperti WordPress, Blogger, Drupal dan platform lainnya. Dengan platform tersebut, tips membuat blog akan lebih cepat dan efisien. Berdasarkan survei dari BuiltWith, WordPress merupakan CMS yang paling populer dan banyak digunakan, yaitu sebesar 53%.


3. Memilih Nama Domain dan Hosting

Memilih nama domain dan hosting merupakan bagian terpenting yang dapat menentukan masa depan blog kamu. Jadi harus dilakukan secara berhati-hati.

Hosting merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan file blog Anda. Tanpa adanya hosting, domain kamu tidak dapat menampilkan konten seperti tulisan, gambar dan sebagainya. kamu bisa mendapatkan hosting dengan harga murah dan paling menguntungkan di IDwebhost. Jangan pernah menggunakan hosting gratis karena banyak memiliki kekurangan yang merugikan anda.

Sedangkan Domain adalah alamat dari blog kamu, contohnya adalah www.talkativetya.com. Kamu juga bisa membeli domain di Idwebhost yang menyediakan nama domain dengan ekstensi .com, .net, .info, .org, co.id, .id, dan lain-lain. Domain juga sangat penting karena ini merupakan daya tarik bagi pengunjung untuk datang dan melihat blog atau website kamu. Jadi pastikan nama domain yang kamu buat unik dan menarik.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih nama domain blog adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan nama domain sesuai dengan topik blognya,
  2.  Mudah ditulis, diingat, dan diucapkan,
  3. Sebisa mungkin gunakan TLD .com jika membeli domain, Jangan gunakan nama domain yang aneh-aneh
  4. Hindari penggunaan tanda titik(.), strip(-), angka, dan underscore (_).

4. Menentukan template blog

Setelah menentukan hosting dan domain, kamu perlu membuat template yang cocok dan sesuai dengan karakteristik blog kamu. Hal ini penting karena akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung saat berada di website. Ya, betah atau tidaknya pengunjung di website kamu ada pengaruh dari template lho.


Template yang bersih rapi, nyaman, dan yang tidak membuat sakit mata jika dilihat dalam waktu lama adalah hal yang harus diutamakan. Karena dengan template yang seperti itu akan membuat pengunjung betah dan mau kembali ke blog kamu. Template sendiri kini sudah tersedia secara gratis di internet, walaupun tentu saja akan lebih bagus menggunakan template berbayar.

Lalu bagaimana caranya agar blog kamu dikunjungi banyak orang? berikut tipsnya.

Tips Agar Blog Diminati Pengunjung


1. Menjadi Berbeda dengan Blog lain

Tips membuat blog yang menarik untuk dibaca yang pertama adalah dengan membuat blog yang berbeda dari blog pada umumnya. Kamu harus memberikan kesan pertama yang menarik dan berbeda bagi para pengunjung. Untuk memberikan kesan yang menarik bagi para pengunjung, kamu perlu membuat desain yang berbeda dengan blog pada umumnya.

Selain desain tampilan, kamu juga harus membuat konten style yang berbeda dengan blog lainnya. Usahakan isi blog mudah untuk dipahami sehingga pengunjung menjadi lebih tertarik untuk selalu mengunjungi blog kamu. Selain itu, buatlah judul blog yang menarik dengan isi artikel berjudul menarik pula. Dengan hal ini, maka bisa dipastikan jika blog kamu akan ramai dikunjungi setiap harinya.

2. Membuat konten yang unik dan menarik bagi pengunjung

Tips membuat blog yang menarik bagi pengunjung selanjutnya adalah membuat konten blog yang menarik dan unik. Ya, semakin unik konten yang kamu miliki pasti akan semakin ramai pengunjung dan peminat terhadap blog. Usahakan konten unik yang kamu buat harus selalu konsisten agar pengunjung blog tetap ramai


3. Menyempurnakan Desain Blog

Tips membuat blog yang menarik yang ketiga adalah dengan menyempurnakan desain pada blog. Pada saat awal membuat blog maka desain blog hanya sebuah desain standar saja. Seiring waktu, kamu perlu menyempurnakan desain blog ini agar pengunjung bisa betah dan semakin ramai seperti menambah widget, atau fitur lainnya.

Itu dia beberapa tips mudah membuat blog secara menarik dan bisa ramai pengunjung. Buat kamu yang ingin meningkatkan blog menjadi website tapi masih bingung cara buat web, coba deh kunjungi link tersebut. 

Happy blogging!
3 comments on "[BLOGGING 101] Tips membuat blog dengan mudah dan menarik"
  1. Konten yang unik emang bisa jadi kelebihan seorang blogger ya mbak.. biar punya ciri khas..

    ReplyDelete
  2. Desain blog nih mbak, yang dari dulu sampai sekarang belum berjodoh. Semoga berjodoh ya dengan desain ala portofolio foto hehe

    ReplyDelete
  3. naini tipsnya pas banget buat yang mau ngeblog:
    1. Jangan ambil tema atau topik yang tidak kamu kuasai
    2. Jangan ambil tema atau topik yang tidak membuat kamu tertarik
    3. Ambil tema atau topik yang tidak banyak dipikirkan oleh orang lain

    be out of the box ya, and be yourself :)

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature