Top Social

Jangan share 5 hal ini di media sosial! - BPN 30 Day Blog Challenge (Day 5)

Saturday, 24 November 2018
Apa yang ada di benak teman-teman tentang media sosial? Pasti yang terlintas adalah Instagram, Twitter, Facebook, Pinterest, Linkedin, dan masih banyak lagi media sosial lainnya. Saat ini media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Mulai dari berbagi informasi, ngobrol dengan teman yang lokasinya jauh, belanja, sampai update gosip pun kini bisa dilakukan lewat media sosial. 


Tidak bisa dipungkiri, media sosial kini punya power yang bisa menggerakkan massa. Buktinya? Banyak perusahaan yang menggunakan jasa influencer media sosial untuk mempromosikan produk dan jasanya. Sayangnya, karena kekuatan media sosial itu juga banyak orang yang menyalahgunakan fungsi dari media sosial. Selain itu, banyak pengguna media sosial yang kebablasan dalam menggunakan media sosial yang mereka miliki. 

Memang sih, apa yang diposting di media sosial adalah hak si pemiliknya. Tetapi tetap saja harus ada batasan agar informasi yang disebarkan bisa bermanfaat untuk umum (dan bukan sebaliknya). Menurut Tya, ada beberapa hal yang haram hukumnya di-share di media sosial:


1. Berita yang belum jelas/hoax

Merasa nggak sih kalau belakangan ini berita yang belum/tidak jelas alias hoax itu cepat sekali menyebarnya. Ujung-ujungnya malah bikin kegaduhan deh karena orang-orang sudah keburu panik. Padahal ketika ditelusuri ketahuan beritanya bohong. Biasanya berita hoax cepat menyebar di chat group. Untuk mencegah penyebaran berita hoax, selalu cek kebenarannya terlebih dahulu. Jangan langsung percaya kalau berita yang disebarkan bukan hoax walaupun teman dekat atau bahkan orangtua/pasangan kalian sendiri yang memberikan informasinya. 

2. Share masalah pribadi

Namanya juga masalah pribadi, ya cukup untuk konsumsi pribadi saja bukan untuk disebarkan ke khalayak umum. Salah satu hadist shahih mengatakan sebagai berikut 

Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

لَا يَسْتُرُ عَبْدٌ عَبْدًا فِي الدُّنْيَا إِلَّا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak.” [Shahih Muslim]

Kalau misalnya kalian sedang kesal atau marah dengan seseorang atau sesuatu, sebaiknya jauh-jauh deh dari media sosial. Meskipun niatnya untuk mendapatkan masukan/solusi, percayalah, tidak semua orang mau lho. Bisa jadi ada beberapa orang yang terganggu dengan curhatan kalian di media sosial. Terus nggak boleh curhat? Boleh kok, tapi curhatnya ke orang yang tepat. Misalnya ke pasangan atau ke teman dekat yang bisa dipercaya. Lebih bagus lagi kalau sedang ada masalah pribadi curhat langsung sama Sebaik-baiknya pelindung dan penolong yaitu Allah SWT. 

3. Hate speech atau yang berbau politik

Tahun depan Indonesia punya perhelatan akbar, yaitu PEMILU untuk menentukan Presiden baru. Sah-sah saja kok kalau teman-teman mendukung salah satu calon Presiden. Tapi please janganlah saling menjatuhkan, apalagi sampai menyebarkan ucapan kebencian.


4. Share foto/video korban kecelakaan

Beberapa kali aku mendapatkan share postingan media sosial yang isinya foto dan/atau video dari korban kecelakaan. Contohnya seperti video dan foto korban kecelakaan pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang yang terjadi bulan lalu. Ah, Tya aja kali yang nggak kuat lihat fotonya? Ini bukan masalah kuat nggak kuatnya, bung. Bayangkan kalau salah satu korban adalah orang yang kalian kenal atau bahkan sanak saudara kalian? Apakah kalian mau orang yang kalian cintai itu fotonya (yang mungkin dalam keadaan kurang baik) tersebar kemana-mana? Jadi nggak usah deh disebar-sebar. Dengan tidak ikut menyebarkan foto/video seperti ini, kita sudah membantu mengurangi beban keluarga dan juga menghormati korban. 

5. Rahasia/gosip kantor dan pekerjaan

Sejak aku membantu proses rekrutmen guru di tempat aku mengajar, aku jadi tahu kalau perusahaan itu mengecek media sosial calon pekerja lho. Kebayang dong kalau misalnya perusahaan tempat kita melamar kepoin akun media sosial kita dan menemukan bahwa kita suka sharing hal yang kurang baik atau mungkin curhat tentang hal-hal di kantor, bisa jadi perusahaan itu batal mempekerjakan kita. 

*** 

Intinya sih, bagikan informasi dan konten yang positif di medsos kamu ya teman-teman. Hindari deh membagikan hal-hal seperti yang aku sebutkan di atas. Setuju? Apakah teman-teman punya hal lain yang sebaiknya tidak dibagikan di medsos? Yuk sharing di kolom komentar. 

Thanks for reading!
Post Comment
Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!

Auto Post Signature