Top Social

Showing posts with label KEB. Show all posts
Showing posts with label KEB. Show all posts

Ingin Masa Depan Sejahtera? Yuk Mulai Berinvestasi dengan 5 Prinsip Investasi ini

Tuesday, 10 October 2017
Happy Tuesday! 

Sebagai ibu yang juga merangkap sebagai menteri keuangan rumah tangga, aku dituntut untuk jeli dan bijak dalam mengatur anggaran keuangan rumah tangga. Bisa dibilang, tidak boleh ada satu rupiah pun yang terlewat. Kalau perlu dilacak lah satu rupiah itu ke mana perginya. Demi apa? Demi memastikan bahwa setiap rupiah yang kami miliki jelas penggunaannya. (adakah yang begini juga?) Tidak hanya itu saja, kami juga berusaha untuk lebih rutin menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan. Tetapi setelah dihitung-hitung kok ya mandek gitu. Kami tidak bisa berharap banyak dari bunga tabungan yang angkanya dibawah harga semangkuk bakso. Itu pun masih harus disunat biaya administrasi. Miris memang. 

Dengan dua anak yang masih kecil, masalah pendidikan adalah prioritas utama aku dan mas suami. Kami ingin mereka bisa mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Yakin deh ini juga impian semua orangtua. Namun menabung saja tidak akan cukup untuk menutup biaya pendidikan anak. Belum lagi ditambah adanya inflasi setiap tahun. Saat lagi galau memikirkan hal ini, aku teringat orangtua-ku yang berhasil menyekolahkan ketiga anaknya dengan asuransi pendidikan. Andaikan mereka saat itu tidak menggunakan asuransi, mungkin kami bertiga tidak bisa mengenyam pendidikan hingga universitas. 


Di sini aku sadar kalau sekadar menabung saja tidak akan cukup untuk membiayai pendidikan anak. Bagaimana caranya agar uang yang dimiliki tidak hanya sekadar terkumpul, tetapi juga bisa menghasilkan. Solusinya adalah INVESTASI. Aku, seperti kebanyakan orang awam lainnya, ketika mendengar kata ‘investasi’ pasti langsung mikir begini: “Investasi itu kan cuma untuk orang yang duitnya banyak aja” dan “Investasi itu hanya untuk orang yang mengerti soal ekonomi.” 

Bangun Rasa Nasionalisme Anak Lewat Lomba 17 Agustus

Friday, 15 September 2017
Happy Friday!

Tidak terasa satu bulan telah berlalu sejak perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Meskipun begitu, suasana meriah masih terasa di keluarga kami terutama mas Deniz dan adik Zinan yang memang sangat antusias merayakan kemerdekaan negeri ini.

Aku dan mas suami dulu mendapatkan kehormatan menjadi Paskibraka (mas suami adalah Paskibraka Nasional tahun 1998 perwakilan dari DKI Jakarta, sedangkan aku sendiri Paskibraka Daerah tahun 2000). Tanpa kami sadari, jiwa nasionalisme yang kami dapatkan ketika kami mengemban tanggung jawab sebagai pengibar bendera merah putih terbawa hingga kami berkeluarga. Menonton siaran langsung pengibaran bendera di Istana Merdeka dan berpartisipasi dalam lomba 17 Agustusan adalah agenda wajib di keluarga kami.


Perayaan 17 Agustus tahun ini cukup spesial karena adik Zinan genap berumur 3 tahun dan sudah bisa merasakan euforia kemerdekaan. Jadi, kalau di tahun-tahun sebelumnya hanya mas Deniz yang antusias mengikuti perlombaan, kini bertambah satu anak adik Zinan yang antusiasnya tidak kalah besar. Kami pun sebagai orangtua tentu saja happy dan mendukung. Sedangkan mas Deniz (7 tahun) sendiri ikut beberapa perlombaan seperti lomba makan kerupuk dan lomba kelereng. Karena adik masih kecil, tidak banyak lomba yang bisa diikutinya. Satu-satunya lomba yang bisa adik ikuti bersama mas Deniz adalah parade sepeda hias. Serunya luar biasa! Kami sekeluarga gotong royong menghias sepeda dan kerja keras itu tidak sia-sia karena sepeda hias anak-anak berhasil menyabet juara 1 dan juara favorit. 

Ingin Merdeka Finansial? Yuk coba 4 Langkah Mudah Menyusun anggaran keuangan keluarga ini!

Wednesday, 30 August 2017
Happy Monday!

Sejak menikah hampir 8 tahun yang lalu, aku mau tak mau belajar bagaimana menyusun anggaran keuangan keluarga kecil kami. Dulu sebelum menika, aku nggak pernah ambil pusing kalau mau beli sesuatu. Mau beli eyeshadow, foundation, lipstik, ya segala macam perintilan makeup ya tinggal beli aja tanpa pikir panjang. Sekarang? Setiap rupiah yang keluar dari dompet harus di-acc dulu sama aku apakah sesuai dengan anggaran atau nggak (iya dong, kan aku menteri keuangannya di rumah). Tapi ya namanya manusia, meskipun sudah membuat perencanaan dan anggaran sedetil mungkin, kadang ada aja yang kebablasan. Ujung-ujungnya nelangsa di akhir bulan menunggu gajian (hayoo siapa yang suka kaya gini?)


Semenjak mas suami memutuskan untuk berhenti kerja dan mulai berwirausaha, aku dipaksa untuk lebih jeli lagi mengatur keuangan di rumah. Ada beberapa hal yang dengan berat hati harus kami keluarkan dari anggaran, ada juga yang terpaksa dianggarkan. Mumet luar biasa deh. Di saat lagi galau paripurna memikirkan anggaran belanja keluarga untuk bulan depan, KEB kembali mengundang aku untuk ikut Visa Financial Literacy Workshop #IbuBerbagiBijak pada hari Kamis, 24 Agustus 2017 yang tema-nya Planning and Budgeting. Wah, pas banget nih momennya!

Unboxing In.The.Box: Hidup Sehat dimulai dari Tidur yang Sehat

Sunday, 28 May 2017
Happy Sunday!

Begitu banyaknya aktivitas dan kesibukan yang kita jalani setiap harinya kadang membuat kita lupa memperhatikan pola hidup yang sehat untuk diri sendiri. Setuju? Mulai dari asupan makanan yang kurang sehat (banyak makan junk food), kurang berolahraga, sampai kurang istirahat atau kurang tidur. Coba deh tanyakan pada diri sendiri, berapa jam kamu tidur setiap harinya? Tya sendiri bisa dibilang hanya tidur tidak lebih dari 5 jam. Padahal, dengan tidur cukup bisa membantu menjaga kesehatan lho. Apalagi kalau tidurnya di kasur yang berkualitas, pasti tidur jadi lebih nyenyak.


Bicara soal tidur, hari Minggu lalu, tepatnya tanggal 21 Mei 2017 di Hypermart Cibubur Junction, aku dan teman-teman blogger dari Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) berkesempatan menghadiri acara ‘Unboxing In.The.Box’, sebuah kasur pegas yang dikemas dalam box. Halah? Kok bisa? 

Auto Post Signature