Top Social

Showing posts with label liburan. Show all posts
Showing posts with label liburan. Show all posts

Indahnya ragam kebudayaan Malang yang wajib kamu kunjungi saat liburan - Pegipegi

Monday, 24 December 2018
“Yuk kita berlibur ke Malang!”
Entah sudah yang keberapa kalinya ibuku mengajak aku sekeluarga untuk berlibur ke Malang. Malang, tepatnya di Batu adalah kota kelahiran beliau dan memang sudah lama sekali kami tidak mengunjungi kota yang terkenal dengan buah apel dan udaranya yang sejuk. 


“Malang semakin keren lho!” 
Ini adalah komentar salah teman kantor yang ternyata juga berasal Malang. Sebagai kota kedua terbesar di provinsi Jawa Timur, Malang telah mengalami peningkatan yang sangat pesat terutama di destinasi wisatanya. Banyak sekali tempat wisata menarik yang rasanya wajib untuk dikunjungi ketika ke Malang seperti Batu Secret Zoo dan Museum Angkut. Tetapi ada satu hal yang selalu menarik bagiku ketika mengunjungi Malang, yaitu kebudayaannya. Nah berikut ini adalah beberapa seni dan budaya Malang yang patut kalian kunjungi. 

Kesenian dan Kebudayaan di Malang


1. Candi Bersejarah

Malang juga dikenal sebagai Kota Seribu Candi karena memang di sini teman-teman bisa melihat bangunan candi bersejarah seperti Candi Singosari, Candi Badut, Candi Jago, Candi Kidal, dan Candi Sumberawan. Semua bangunan candi ini masih berada dalam kondisi baik dan terawat. Tentu saja dengan mengunjungi candi, kita tidak hanya menikmati indahnya bangunan candi tetapi juga sekaligus mengenal sejarah Indonesia. 

Salah satu candi yang bisa dikunjungi di Malang, Candi Badut


2. Topeng Malang

Warisan budaya lainnya dari Malang adalah topeng Malang atau wayang topeng Malangan. Beberapa catatan sejarah  menyebutkan bahwa Topeng Malang ini merupakan kesenian kuno yang sudah diperkenalkan sejak zaman Kerajaan Gajayana. Topeng Malang memang memiliki ciri pahatan yang sangat khas, yaitu menggambarkan karakter wajah seseorang seperti sedih, baik, jahat, cantik atau tampan. Para pemahat Topeng Malang sudah menjalani profesi ini secara turun temurun meskipun kini jumlah pemahat sudah tidak sebanyak dulu lagi. 

Topeng Malang, salah satu kesenian khas Malang. Sumber: http://www.indonesia-heritage.net

Topeng Malang memiliki gaya kesenian yang unik karena dibentuk dari tiga budaya yang berbeda, yaitu budaya Madura, Tengger, dan Jawa Tengahan. Teman-teman bisa melihat pertunjukan kesenian Wayang Topeng Malang pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, selamatan, dan festival budaya yang kini rutin diselenggarakan di Kota Malang. Biasanya, tarian Topeng Malangan bercerita tentang cerita tanah Jawa periode klasikdan cerita panji. 

3. Bangunan bersejarah 

Tempat lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Malang adalah Kawasan Ijen. Di jalan ini teman-teman bisa melihat bangunan tua bersejarah dengan arsitektur indah yang masih terjaga dengan baik. Kebanyakan bangunan tua di Malang merupakan peninggalan masa Belanda dulu. Beberapa banguan tua yang bisa teman-teman lihat adalah Toko Es Krim Oen, Gereja Kayu Tangan, Wisma Tumapel, Balai Kota, dan beberapa bangunan lainnya. 


Satu hari tentu saja tidak akan cukup untuk mengunjungi semua tempat wisata dan menikmati kebudayaan dan kesenian di Malang. Saran aku sih sebaiknya rencanakan perjalanan selama 3-7 hari di Malang agar teman-teman bisa mengunjungi semua tempat wisata dan menikmati kesenian dan kebudayaan Malang sampai puas. Tidak perlu kuatir dengan biaya penginapan karena hotel di Malang sangat beragam dan bisa dipilih sesuai anggaran dan kebutuhan. 

Hotel Tugu Malang

Salah satu hotel terbaik yang ada di Malang adalah Hotel Tugu Malang. Selain berada tepat di pusat kota Malang -- tepatnya di seberang Alun-Alun Tugu, Jalan Tugu Nomor 3 -- hotel ini juga penuh dengan sejarah dengan banyaknya koleksi barang antik yang terpajang. Ada tujuh ruangan yang diisi dengan barang antik koleksi pendiri Tugu Grup, Anhar Sejadibrata, yaitu uang Raja, Bangsal Merah, Ruang Baba, Tirta Gangga, dan Ruang Soekarno. Setiap ruangan memiliki kisah tersendiri dan setiap tamu yang berkunjung ke Hotel Tugu Malang akan diajak berkeliling oleh staf hotel yang menjelaskan kisah di balik ruangan-ruangan tersebut. 



Fasilitas dan Layanan Hotel Tugu

Sebagai hotel bintang 5, Hotel Tugu menyediakan fasilitas lengkap bagi para tamu agar semakin nyaman. Bagi aku yang tidak bisa lepas dari internet, adanya layanan internet dan wifi tentu saja menjadi hal utama. Hotel Tugu Malang memberikan layanan koneksi internet LAN di setiap kamar dan bebas akses Wifi di lobby hotel. Hotel Tugu Malang juga menyediakan beragam fasilitas olahraga seperti kolam renang outdoor dan fitness center. 


Pilihan kamar di Hotel Tugu Malang

Hotel Tugu Malang memiliki 6 pilihan kamar, yaitu Superior Deluxe, Executive Suite, Zamrud Suite, Honeymoon Suite, Babah Suite, Raden Saleh Suite, dan Apsara Suite. Setiap kamar memiliki dekorasi yang berbeda dengan sentuhan barang antik. Pokoknya nggak akan bosan den menginap di hotel ini. Bagi teman-teman yang akan menginap di hotel ini dengan keluarga, kalian bisa meminta extra bed dengan harga terjangkau. Oya, harga kamar Superior Deluxe di Hotel Tugu Malang adalah sekitar Rp1,5 jutaan. Percaya deh ini worthed banget untuk hotel bintang 5. 



Pesan Hotel di Pegipegi

Namanya juga orang sok sibuk yang tidak punya banyak waktu, aku biasanya memesan hotel lewat Pegipegi Selain praktis, memesan lewat aplikasi juga membuat aku bisa membandingkan harga dan mendapatkan harga terbaik untuk hotel yang aku incar. Iyap, karena Pegipegi memberikan jaminan harga terbaik saat pemesanan dan juga sering memberikan diskon dan promo menarik.



Eh, Pegipegi itu apa ya? Pegipegi adalah perusahaan yang memberikan layanan pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api melalui situs web, serta aplikasi gratis di di smartphone Android dan iOS. Berbasis operasional di Jakarta, Pegipegi akan membantu kamu merencanakan liburan atau perjalanan bisnis dengan menjadi Fun Traveling Partner bagi masyarakat Indonesia. 

Selain itu, Pegipegi terhubung langsung ke lebih dari 7.000 hotel di Indonesia, lebih dari 20.000 rute penerbangan, dan juga 1.600 rute perjalanan kereta api. Tentu saja ini akan membuat liburan atau perjalanan bisnis teman-teman jadi semakin mudah dan menyenangkan. 

***

Sebagai orang Indonesia, kita harus melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia agar tidak hilang digerus zaman. Selain itu kita juga harus mengapresiasi kesenian dan kebudayaan Indonesia, termasuk kebudayaan di Malang. Jadi jangan cuma foto-foto selfie aja yang nangkring di Instagram ya, foto juga keindahan dan keragaman budaya Indonesia biar seluruh dunia tahu betapa kerennya negeri kita ini.

Jadi, liburan akhir tahun mau ke mana nih teman-teman? Kalau masih bingung, coba deh liburan ke Malang dan menginap di Hotel Tugu Malang. Dijamin liburan akhir tahun kamu akan berkesan. Jangan lupa juga untuk pesan hotelnya lewat Pegipegi ya! 

Thanks for reading! 

Auto Post Signature