Sunday, 3 April 2016

[BEAUTY 101] Kenali Jenis-jenis Eyeliner untuk Mempercantik Mata

Happy weekend! 

Kalau di suruh pilih mending keluar rumah nggak ngalis atau nggak pakai eyeliner, aku pasti akan jawab mending nggak ngalis asal pakai eyeliner. Yup, eyeliner bagi Tya itu maha penting karena dengan menggunakan eyeliner bisa mengoreksi bentuk mata yang kecil, besar, sayu, maupun yang sipit. Ngomongin soal eyeliner, banyak yang suka bertanya jenis eyeliner yang paling bagus itu apa? 

Kali ini Tya mau sharing tentang jenis jenis eyeliner dan juga rekomendasi eyeliner murah meriah dengan harga dibawah Rp 50,000. Yuk lanjut bacanya!


1. Eyeliner pensil (pencil eyeliner)

Siapa yang nggak kenal sama eyeliner pensil? Jenis eyeliner ini adalah yang paling umum ditemui di pasaran dan juga paling umum dipakai oleh kaum hawa. Yakin deh,  pertama kali kamu nyoba eyeliner pasti menggunakan eyeliner jenis ini. Nggak heran sih karena memang eyeliner pensil ini termasuk jenis eyeliner yang mudah digunakan (kalian semua pasti bisa pegang pensil kaan?). Eyeliner pensil sendiri kini ada dua model. Model pensil yang harus diraut dan model yang bisa diputar (retractable).


Eyeliner model pensil ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah sangat cocok bagi mereka yang baru belajar menggunakan eyeliner. Bentuknya yang memang sama seperti pensil untuk menulis membuat kamu tidak canggung memegangnya. Selain itu, eyeliner pensil tersedia dalam berbagai warna. Jadi kalau kamu ingin makeup yang praktis tanpa harus repot mengaplikasikan eyeshadow, eyeliner pencil berwarna bisa membuat makeup kamu lebih catchy. Terakhir, dengan eyeliner pensil kamu bisa membuat tampilan smoky look dengan mudah.


Kekurangannya? Eyeliner pencil kebanyakan kurang cocok untuk mereka yang memiliki oily eyelids. Meskipun formula si eyeliner pencil sudah waterproof dan smudgeproof , eyeliner pencil masih mungkin untuk luntur dan membuat matamu seperti mata panda. Untuk eyeliner pensil biasa, kamu harus selalu sedia rautan untuk menajamkannya. Selain itu, hasil pemakaiannya bisa kurang tebal dan cukup sulit membentuk sesuai keinginan, terutama jika kamu ingin membuat wing eyeliner. 

Beberapa rekomendasi eyeliner pencil yang bisa kamu pilih adalah Pixy Line & Shadow (Rp 33.000) yang tersedia dalam berbagai warna, Mirabella Eyeliner pencil (Rp 36.000), Maybelline Master Liner Eyeliner (Rp 32.000), Silky Girl Long Wearing Eyeliner (Rp 50.000), dan Just Miss Waterproof long-lasting Eyeliner Pencil (Rp 25.000). 

2. Eyeliner cair (liquid eyeliner)

Jenis eyeliner berikutnya adalah eyeliner cair. Bisa dibilang hampir semua brand kosmetik pasti mengeluarkan eyeliner cair. Eyeliner cair biasanya dikemas dalam botol kecil dengan aplikator berbentuk kuas atau felt tip (spidol). Hasil akhir dari eyeliner cair bisa matte ataupun glossy. Kelebihan dari eyeliner cair adalah garis yang dibentuk bisa lebih rapi, presisi, dan pekat alias bold. Kamu bisa buat garis menungkik tajam, setajam silet. Ini penting sekali kalau kamu mau membuat wing eyeliner. Eyeliner cair juga lebih cocok untuk mereka yang memiliki oily lids karena sebagian besar formula eyeliner cair sudah smudgeproof, waterproof, dan yang lebih penting lagi usrek-proof. Dengan begini, kamu bisa terhindar dari kemungkinan eyeliner yang luntur saat terkena keringat atau air. Eyeliner cair dengan ujung aplikator berbentuk spidol juga memudahkan mereka yang masih pemula dalam soal menggunakan eyeliner. 
Kekurangan eyeliner cair bisa jadi dari kualitas aplikatornya, baik aplikator berbentuk kuas maupun spidol. Aplikator yang kurang baik tentu saja membuat hasil pemakaian juga kurang sempurna ya. Selain itu, beberapa eyeliner cair ketika terkena air atau kegosok bisa terkelupas. Meskipun tetap tidak akan membuat mata panda, tetapi cukup merepotkan juga untuk mengaplikasikannya lagi. Selain itu, eyeliner cair hanya bisa digunakan untuk kelopak mata bagian atas saja. 
Sebagai pencinta eyeliner cair, Tya punya beberapa rekomendasi eyeliner cair yang bisa kamu coba, yaitu Inez Fine Line Eyeliner (Rp 50.000 ), Viva Cosmetics Perfect Shape Liquid Eye Liner (Rp 39.000), Maybelline Eye Studio Hyper Glossy Liner (Rp 35.000), Mazaya Liquid Eyeliner (Rp 41.000), dan My Darling Liquid Eyeliner (Rp 15.000).


3. Eyeliner gel (gel eyeliner)

Eyeliner yang (katanya) awalnya dipopulerkan oleh Korea beberapa tahun belakangan ini merupakan perpaduan antara eyeliner pensil dan eyeliner cair. Teksturnya padat creamy tetapi penggunaannya menggunakan kuas seperti eyeliner cair. Biasanya eyeliner gel dikemas dalam wadah pot dengan kuas yang built-in pada tutupnya. Eyeliner gel memiliki beberapa kelebihan, diantaranya cara mengaplikasikan yang mudah, jadi ini termasuk jenis eyeliner yang bagus untuk pemula. Karena teksturnya yang padat, kamu tidak perlu kuatir ada cairan eyeliner yang tumpah. Eyeliner gel juga memiliki hasil akhir yang matte, jadi bagi para pencinta matte eyeliner jenis ini cocok untuk kamu. Selain itu, garis yang dibentuk bisa sama presisi-nya seperti menggunakan eyeliner cair. Di sisi lain, garis yang dibentuk juga bisa dibuat setipis mungkin dan dikreasikan untuk smoky look seperti eyeliner pensil.


Sayangnya eyeliner gel masih memiliki beberapa kekurangan. Eyeliner jenis ini cepat kering karena isinya sering terpapar udara, terutama jika kamu lupa menutup wadahnya. Kalau sudah kering, eyeliner gel jadi susah untuk digunakan dan hasilnya pun kurang maksimal. Selain itu, eyeliner gel ini juga kurang cocok digunakan oleh mereka yang punya kelopak mata berminyak karena akan luntur. Kuas aplikator eyeliner gel juga cepat kering, jadi harus rutin dibersihkan ya. 

Nah, berikut ini adalah beberapa eyeliner gel yang bisa kamu coba, yaitu Silky Girl Double Intense Gel Eyeliner (Rp 45.000), Pixy Bold to last Gel Eyeliner (Rp 47.000), Wardah EyeXpert Staylash Gel Eyeliner (Rp 47.000), dan Inez Cosmetics Color Contour Plus True Fix Eyeliner Gel (Rp 50.000). 

4. Eyeliner spidol (pen eyeliner)

Eyeliner jenis ini bisa dibilang adalah jenis eyeliner terbaru setelah eyeliner gel. Eyeliner ini disebut eyeliner pen atau eyeliner spidol karena memang bentuknya seperti spidol. Eyeliner ini bisa dibilang yang paling praktis diantara jenis eyeliner lainnya. Cara aplikasinya yang seperti spidol, alias langsung tanpa aplikator kuas tentu saja memudahkan kamu yang menggunakannya. Eyeliner pen juga memiliki hasil akhir yang matte. Ujung aplikatornya yang tipis dan runcing memungkinkan kamu untuk membentuk garis yang tajam dan presisi. Kamu pun juga bisa mengatur ketebalan dari garis sesuai keinginan. Sekarang banyak brand kosmetik yang mengeluarkan eyeliner jenis spidol ini dengan formula yang waterproof. Jadi kamu tidak perlu kuatir luntur dan membuat mata panda.



Kekurangan dari eyeliner pen ini adalah juga cepat kering, terutama jika kamu menyimpan eyeliner ini dalam keadaan berdiri. Sebaiknya eyeliner jenis ini disimpan di laci/pouch makeup dan tidak diberdirikan. Kedua, ujung aplikatornya bisa rusak/megar, sehingga garis yang dihasilkan tidak lagi tajam dan tipis. Terakhir, meskipun eyeliner pen sudah memiliki formula waterproof, eyeliner ini masih bisa pudar terutama jika kamu panas-panasan dan berkeringat. 


Berikut adalah beberapa rekomendasi eyeliner pen yang bisa kamu coba dengan harga yang terjangkau. Mizzu Eyeliner Pen (Rp 40.000), QL Cosmetic Fashion Eyeliner (Rp 35.000), Fanbo Eye Pen Liner (Rp 38.000), Mirabella Eyeliner Liquid Pen (Rp 38.000), dan Purbasari Daily Series Eyeliner Pen (Rp 50.000). 

***

Itu dia jenis-jenis eyeliner yang bisa kamu gunakan. So, jenis eyeliner yang bagus yang mana dong? Semuanya kembali ke kebutuhan masing-masing dan cocok atau tidaknya. Jadi kamu memang harus mencoba langsung untuk bisa tahu mana jenis eyeliner yang cocok untuk kamu. Semoga artikel dan rekomendasi produk eyeliner ini bisa membantu kamu memilih eyeliner yang paling bagus dan cocok. 

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

11 comments:

  1. Waaaaah Tya, lengkap banget infonya ^^ salah satu make up favoritku ya EYELINER!! Bener dah, gapapa nggak ngalis, tapi eliner harus ON!

    duluuuuu waktu aku pertama kalu belaajr malah langsung pake yg cair, ga suka yg pensil soalnya mbleber. Kemudian coba2 yg jenis gel dan lumayan suka! Namun tetep kdg suka ga awet di kelopak mataku ini. Jadi ya balik lg ke jenis yg cair. aku sih belom pernah coba yg pen, tp penasaran bgt pengen coba. Duhhhhh padahal eyeliner ku yg cair aja belom abis >.<

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Sherly. Kita toss dulu dong samaan. Aku dari awal udah suka sama yang cair, terus cobain pake yang pensil karena warna-warni tapi ternyata gagal total... Hehehe, jadi balik ke eyeliner cair lagi deh...

      Eyeliner pen juga banyak yang bagus, kalau ada dana lebih bisa cobain brand-brand selain yang aku tulis....

      Delete
  2. belum bisa pakai yang Gel, kalau yang model pensil itu udah lumayan bisa dikit2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ipeh, aku kalau yang pensil malah nggak bisa pakai soalnya pasti mbleber kemana-mana. Hiks...

      Delete
  3. aku beli eyeliner dari pensil, spidol sampe yg liquid tapi tetep ga bisa makenya T^T

    sediiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih mbaak? Tapi pakai eyeliner ini emang harus banyak latihan sih mbak. Practice makes perfect. aku juga nggak langsung bisa pakai eyeliner, tapi lama-lama biasa dan bisa cepet dan rapi....

      Semangaaat!

      Delete
  4. Yang selalu jadi andalan: gel eyeliner!!! wuhuuyyyy, intens banget soalnya, rasanya cocok buat mata cipit macem aku ini :(

    tp belakangan lagi jatuh cinta sama yang cair soalnya perffff buat bikin yg natural terus sweet gitu. Walopun yah awalnya mesti berjuang dulu pake eyeliner ini, wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monic, aku pakai yang gel pasti bleber kemana-mana, soalnya mata aku kan hooded jadi pasti bakalan transfer ke kelopak mata. Biar dikata itu eyeliner dibilang waterproof tetep ajaaa *derita punya hooded eyes*

      Kamu pakai eyeliner cair yang mana sekaraang?? Review dooong....

      Delete
  5. pas banget lagi nyari eyeliner. biasanya saya pake pensil tapi kesini sini kalo pake pensil cpt pudarnya, alhasil pas jln di mal.. ngintip di cermin. muka jadi polos hiks..
    kayaknya jadi nih nyobain yg liquid ..
    pernah pake yg gel.. krg cocok jg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba mbak, eyeliner cair banyak banget dari merek lokal dengan harga yang terjangkau... Sebetulnya rekomendasi aku untuk eyeliner cair masih banyak banget yang dibawah 50 ribu.... Tapi kalau mau belajar pakai bisa beli yang murah meriah seperti my darling dulu. hehehehe

      Selamat mencoba!

      Delete
  6. Aku baru beli Inez True Fix Eyeliner Gel, agak kecewa sih, meski dia bahkan smudgeproof, tapi warnanya jatohnya ke abu abu, nggak sepekat Pixy, meski Pixy nggak terlalu smudgeproof :( Makasih info produk lokalnya ya mbak ^^

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.